Pasien Tertua di Brasil, Wanita 97 Tahun Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 13/04/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi pasien terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi pasien terinfeksi virus corona

KOMPAS.com - Seorang wanita berusia 97 tahun, Gina Dal Colleto Brazil dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Diketahui, ia merupakan pasien tertua Covid-19 di Brasil, negara Amerika Latin yang paling parah dilanda wabah corona.

Ia dirawat di rumah sakit pada 1 April 2020 dengan gejala klinis terpapar virus corona.

Hanya sedikit yang mengira dia akan selamat dari virus mematikan tersebut. Pemulihannya pun memunculkan secercah harapan di negara tersebut.

Baca juga: Pesta Ulang Tahun yang Digelar Bule di Bali Saat Wabah Corona

Melansir thejakartapost, pada Minggu (12/4/2020), Dal Colleto yang duduk di atas kursi roda didorong keluar dari rumah sakit Vila Noga Sar di Sao Paulo, Brasil.

Menjadi satu-satunya orang yang selamat dari keluarga Italia yang terdiri dari 11 bersaudara, Dal Colleto tinggal seorang diri di Kota Pelabuhan Santos, Rede D'Or Sao Luiz.

"Bahkan dengan hampir seabad kehidupan, Gina memiliki rutinitas yang sangat aktif dan menikmati berjalan, berbelanja dan memasak," tulis pernyataan pihak RS Vila Nova Star.

Saat di rumah sakit, wanita enam cucu dan lima cicit ini menggunakan oksigen dan mendapatkan perawatan intensif.

Baca juga: 3 Pasien Corona di Sumsel Sembuh, Dokter Gunakan Resep Ini

Kasus virus corona di Brasil 

Hingga Minggu (12/4/2020), Kementerian Kesehatan Brasil mengumumkan sebanyak 1.223 orang telah meninggal akibat virus corona, bertambah 99 orang dari hari sebelumnya.

Sejauh ini, tercatat sebanyak 22.318 kasus positif infeksi Covid-19 terjadi di Brasil.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X