Berikut Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Lima Bahan Sederhana

Kompas.com - 20/03/2020, 05:49 WIB
Fakultas Farmasi Universitas Indonesia memproduksi hand sanitizer, Rabu (18/3/2020). Produksi hand sanitizer untuk lingkungan UI, fakultas, dan rumah sakit UI sebagai usaha pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di Universitas Indonesia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOFakultas Farmasi Universitas Indonesia memproduksi hand sanitizer, Rabu (18/3/2020). Produksi hand sanitizer untuk lingkungan UI, fakultas, dan rumah sakit UI sebagai usaha pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di Universitas Indonesia.

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang semakin meluas membuat hand sanitizer banyak dicari.

Meskipun disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun, sejumlah anggota masyarakat tetap bersikeras membeli hand sanitizer.

Hal itu mereka yakini sebagai salah satu upaya mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di tangan.

Dilansir SCMP, terdapat lima bahan sederhana yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer.

Baca juga: Kematian akibat Corona di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Berikut ulasannya:

Cuka putih

Cuka sering digunakan dalam formula pembersih rumah tangga berkat kemampuannya untuk melarutkan residu dan menetralkan bau.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, cuka juga tidak beracun dan memiliki kemampuan untuk terurai sekaligus membuatnya ramah lingkungan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat keasamannya yang tinggi dapat membantu membunuh bakteri, menjadikannya disinfektan yang efektif.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman ajaib karena berbagai alasan.

Anggapan tersebut dikarenakan lidah buaya membuat lembut kulit dan merupakan obat yang populer untuk luka bakar dan iritasi.

Halaman:

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X