Wabah Virus Corona, BNPB Kirim 10.000 Masker untuk WNI di China

Kompas.com - 29/01/2020, 14:25 WIB
Contoh masker N95 yang akan dikirimkan BNPB untuk WNI yang ada di China BNPBContoh masker N95 yang akan dikirimkan BNPB untuk WNI yang ada di China

KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) akan mengirimkan 10.000 masker N95 untuk membantu warga negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) yang ada di China, khususnya di sekitar wilayah yang terinfeksi virus corona.

Masker ini dikirim atas permintaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing lantaran stok masker di China sangat sulit didapatkan di tengah menyebarnya virus corona

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo menyebutkan,  langkah ini diambil sebagai respons cepat BNPB atas permohonan KBRI di Beijing.

Pemerintah Indonesia melalui BNPB akan menyerahkan secara simbolis bantuan Indonesia untuk krisis Wuhan kepada Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Kemenlu.

Penyerahan simbolis akan dilakukan pada Rabu (29/1/2020) siang ini di Kantor Kementerian Luar Negeri.

Penyerahan akan dilakukan oleh Kepala Biro Hukum Organisasi dan Kerja Sama BNPB Zahermann Muabezi kepada pejabat Direktorat Perlindungan WNI dan BHI. 

Sementara pengiriman 10.000 masker ke China dilakukan pada pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Ini Alasan Warga Jauh dari Bandara Tetap Perlu Waspadai Virus Corona

Proses pengiriman 10.000 masker N95 ke ChinaBNPB Proses pengiriman 10.000 masker N95 ke China

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, tindakan ini termasuk dalam tanggung jawab BNPB dalam menangani bencana yang tidak hanya meliputi bencana alam, tetapi juga bencana lain.

"Saya minta BNPB harus bisa mempersiapkan diri karena amanah undang-undangnya termasuk bencana non-alam, termasuk pandemik merupakan tanggung jawab BNPB. Termasuk diperkuat dengan Inpres Nomor 4 Tahun 2019. Saya minta tidak perlu menunggu status," kata Doni, Selasa (28/1/2020).

Permohonan bantuan

Sebelumnya, pada Senin (27/1/2020), Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun, mengirimkan surat permohonan tersebut pada BNPB.

Dalam suratnya, Djauhari menyebut membutuhkan bantuan dari BNPB karena stok masker di China sudah tidak tersedia.

"Mengingat stok masker saat ini tidak tersedia hampir di seluruh wilayah Tiongkok, mohon kiranya BNPB dapat mengirimkan bantuan masker jenis N95 atau yang setara sejumlah 10.000 pieces," tulisnya dalam surat resmi yang disampaikan.

Pemberian masker kepada WNI di China ini pada awalnya merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Masker Bedah, Efektifkah?

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X