Viral Proyek Kereta Cepat Disebut Tidak Kokoh dan Roboh, Ini Klarifikasi Dishub Jabar

Kompas.com - 11/01/2020, 13:40 WIB
Tangkapan layar dari sebuah unggahan yang menyebutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak kokoh dan roboh. Facebook/Vika Abdullah HusenTangkapan layar dari sebuah unggahan yang menyebutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak kokoh dan roboh.

KOMPAS.com - Sebuah video dengan narasi proyek kereta cepat kebanggaan Presiden Joko Widodo roboh viral di media sosial Facebook sejak pekan lalu.

Unggahan tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Vika Abdullah Husen dan mendapatkan respons dari pengguna lainnya, disukai lebih dari 1.300 kali dan dibagikan sebanyak lebih dari 1.600 kali.

"Proyek Kereta Cepat kebanggaan Presiden Joko Widodo dari hasil utang ke China triliunan ternyata tidak kokoh dan roboh. Hasilnya menyedihkan," tulis akun tersebut.

Namun, pada hari ini, Sabtu (11/1/2020), unggahan tersebut sudah dihapus.

Selain Vika Abdullah Husen, sejumlah akun lainnya juga membagikan video dengan narasi yang sama.

Salah satunya akun Ayu Borneo, yang unggahannya dapat dilihat di sini.

Baca juga: Viral Setruk Pengisian BBM Tidak Sesuai dengan Jumlah Aslinya

Benarkah peristiwa yang terekam pada video sesuai dengan narasi yang beredar?

Tangkapan layar dari sebuah unggahan yang menyebutkan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung roboh dan tidak kokoh.Facebook/Ayu Borneo Tangkapan layar dari sebuah unggahan yang menyebutkan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung roboh dan tidak kokoh.

Konfirmasi Kompas.com

Mengkonfirmasi hal ini, Kompas.com menghubungi Kepala Dishub Jawa Barat, Hery Antasari.

Hery mengatakan, jika melihat yang terekam dalam video itu, lokasi yang ambles tersebut bukan rel kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Itu bukan di rel kereta cepatnya. Menurut staf saya yang ke lapangan dan bertemu KCIC juga demikian," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/1/2020).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X