Profil Zulkifli Zaini, Dirut PLN Pilihan Erick Thohir

Kompas.com - 23/12/2019, 15:27 WIB
Zulkifli Zaini KOMPAS/PRIYOMBODOZulkifli Zaini

KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN.

Sepak terjang Amien Sunaryadi dan Zulkifli Zaini selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk mereka memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

"Baik Pak Amien maupun Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah," ucap Erick Thohir dalam keterangan pers yang diterima oleh Kompas.com, Senin (23/12/2019).

Sebelum penetapan tersebut, selama ini, PLN masih dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) yaitu Sripeni Inten Cahyani.

Siapa Zulkifli Zaini dan bagaimana perjalanan kariernya?

Zulkifli Zaini saat ini merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015.

Pada 2010 hingga 2013, Zulkifli merupakan Direktur Utama Bank Mandiri.

Dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, Zulkifli Zaini lahir pada 1956 dan menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1980.

Zulkifkli memperoleh gelar MBA dari Washington University USA pada 1994.

Dia memulai kariernya sebagai Civil & Structural Engineer pada Wiratman and Associate tahun 1980.

Baca juga: Bukan Rudiantara, Erick Thohir Angkat Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X