Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Kisah Dosen UGM Gendong Anak Mahasiswanya di Kelas

Kompas.com - 15/12/2019, 18:16 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Foto unggahan dosen Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menampilkan foto dirinya tengah menggendong anak dari seorang mahasiswanya saat di ruang kelas ramai dibicarakan di media sosial baru-baru ini.

Dalam unggahan di media sosial Facebook tersebut, sang dosen menceritakan kisah lengkapnya mengapa ia harus menggendong sang bayi di tengah kegiatannya mengampu mata kuliah. 

Rupanya, hal itu dikarenakan sang mahasiswa yang bersangkutan meminta gilirannya dipercepat lantaran ingin menemui anaknya yang berada di luar kelas.

Tak berpikir lama, dosen bernama Abdul Gaffar Karim ini langsung meminta anak didiknya tersebut membawa anaknya masuk ke dalam kelas. 

Bukan hanya membiarkannya masuk dalam kelas, Gaffar juga menawarkan diri untuk menggendong anak tersebut. 

Baca juga: Raih 9 Medali Emas, UGM Pertahankan Juara Umum Pimnas ke-32

Proses pendidikan

Atas kebaikannya tersebut, banyak netizen kemudian yang meninggalkan komentar positif di unggahan Gaffar. 

"Si baby jadi diem enggak rewel gitu ya, jempol prof," tulis akun Ika Ma'ruf.

Saat dikonfirmasi, Kepala Humas UGM Iva Ariani membenarkan kejadian itu terjadi di lingkungan kampusnya.

Dan ia menyebut, sikap yang ditunjukkan oleh dosen yang bersangkutan merupakan contoh proses pendidikan di UGM yang tidak hanya menyangkut akademik. 

"Kegiatan belajar mengajar di UGM kan bukan hanya transfer teori, tapi belajar untuk menjadi mahasiswa yang peka terhadap masalah-masalah di sekitar kita," kata Iva saat dihubungi, Minggu (15/12/2019).

Menurutnya apa yang dilakukan oleh dosen yang bersangkutan layak mendapatkan apresiasi dan bisa menjadi contoh tenaga pengajar lainnya.

"Pak Gaffar memberikan contoh langsung hal itu di kelas. Itu salah satu contoh istimewanya UGM," katanya lagi.

Lebih lanjut, pada Senin (16/12/2019) sore, Iva meralat informasi perihal tempat kejadian peristiwa tersebut. Informasi yang diterima dari yang bersangkutan, imbuhnya kejadian tersebut terjadi di kampus UII Yogyakarta

"Baru dapat jawab dari Mas Gafar (Abdul Gaffar Karim), kejadiannya di pasca-UII," ujarnya singkat meluruskan informasi yang telah diberikan sebelumnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Mengenang Ciputra, dari Atlet Lari, Begawan Properti hingga Kelola Institusi Pendidikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com