BMKG Bantah Video Youtube yang Sebut Prediksi Kekeringan Panjang

Kompas.com - 18/11/2019, 15:36 WIB
BMKG menyatakan konten Youtube yang menyatakan akan terjadi kekeringan panjang pada 2020 adalah hoaks atau tidak benar. BMKGBMKG menyatakan konten Youtube yang menyatakan akan terjadi kekeringan panjang pada 2020 adalah hoaks atau tidak benar.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menyatakan konten YouTube yang menyebutkan tentang kekeringan panjang akan terjadi pada 2019-2022 adalah hoaks.

Sebuah akun di Youtube mengunggah video berjudul "BMKG " Global warming 2019 2022", Jika Benar Tahun Ini Maka Dajjal Tidak Lama Lagi Akan Keluar".

Video itu diunggah pada 15 April 2019.

Dalam video itu, dituliskan tersebar informasi di media sosial yang mengatasnamakan BMKG. Berikut narasi yang digunakan:

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperkirakan kekeringan panjang akan dimulai tahun 2019 hingga 2022".

Keterangan di konten Youtube yang menyebut BMKG klaim akan terjadi kekeringan panjang sejak 2019-2022YouTube Keterangan di konten Youtube yang menyebut BMKG klaim akan terjadi kekeringan panjang sejak 2019-2022

Informasi ini disebut sudah tersebar sejak 2016 silam.

Bahkan, masih menurut video tersebut, kekeringan tidak hanya melanda Indonesia, tetapi juga seluruh kawasan di dunia.

Tidak diketahui dengan jelas, BMKG mana yang disebut oleh pembuat video, pasalnya disebutkan pula nama BMKG Eropa di antara informasi yang ditampilkan.

Namun, BMKG Indonesia mengeluarkan pernyataan resminya untuk meminimalisir risiko informasi lama ini menjadi simpang siur di tengah masyarakat.

Bantahan dan penjelasan BMKG terkait konten YouTube tersebut disampaikan melalui keterangan tertulis yang diunggah laman resmi BMKG dan Twitter @Humas_BMKG.

BMKG menyebutkan, pihaknya tidak pernah membuat prediksi kekeringan seperti dinarasikan pada video tersebut.

"Informasi yang disampaikan tidak benar, karena BMKG tidak memprediksikan kekeringan panjang bertahun-tahun dan pada tahun 2020," demikian BMKG.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X