Kabar Suhu Panas Ekstrem Lebih dari 40 Derajat, BMKG Sebut Hoaks

Kompas.com - 23/10/2019, 20:33 WIB
Ilustrasi suhu panas Ilustrasi suhu panas

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah Indonesia akhir-akhir ini mengalami cuaca panas. Dalam kondisi ini, beredar pesan yang menganjurkan masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah selama tiga hari ke depan karena cuaca panas ekstrem yang melanda beberapa wilayah Indonesia.

Bahkan pesan tersebut juga menyebutkan bahwa dalam tiga hari ke depan beberapa kota di Indonesia akan mengalami cuaca panas ekstrem dengan suhu di atas 40 derajat celcius.
Berikut isi pesannya:

Baca juga: Suhu Panas Landa Indonesia, BMKG Prediksi Sampai 10 Hari Ke Depan

Dear all, mulai besok sampai 3 hari ke depan di harapkan kurangi aktivitas di luar rumah, karena cuaca panas eztreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan. Banyak minum air mineral dan multivitamin ya Bro... Temperatur panas extreme yang terbaca oleh deteksi satelit hari ini, adalah didaerah :
Jakarta 38°C
Depok 38°C
Serang Banten 44°C
Bekasi 38°C
Tangerang 44°C
Jogjakarta 40°C
Malang 44°C
Solo 45°C
Madiun 39°C
Magelang 39°C
purworejo 40°C
Madura 42°C
Bali 45°C
Lombok 43°C
Riau 45°C
Batam 42°C
Makassar 43°C
Pare-pare dan bone 40°C
Papua Nugini, nyaris mendekati 50°C
Derah lain masih dalam pantauan mitigasi klimatologi NASA.
Jaga kesehatan, pola makan, dan banyak minum air ya, Kawan. Panas extreme pemicu dehidrasi, malaria, tifus, campak, dan pelemahan sel jaringan otak.

Tangkapan layar hoaks suhu ekstrem di IndonesiaTangkapan layar Tangkapan layar hoaks suhu ekstrem di Indonesia

Melalui akun Instagram resminya (@infobmkg), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) membantah kabar tersebut.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari menyebutkan suhu udara di beberapa wilayah Indonesia akhir-akhir ini memang lebih panas, khususnya di sekitar dan selatan khatulistiwa.

Meski begitu, menurut Indra, untuk tahun ini, BMKG belum mencatat adanya kenaikan suhu hingga 40 derajat celcius.

"Kami belum mencatat suhu di atas 40 derajat celcius untuk wilayah Indonesia," ucap Indra menjawab Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Suhu Panas Disertai Angin Kencang Landa Indonesia, Ini Kata BMKG

Penyebab panas

Indra menuturkan, penyebab adanya suhu panas di wilayah Indonesia karena masih berlangsungnya musim kemarau.

"Penyebab pertama adalah masih kondisi kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia, khususnya di sebagian wilayah Indonesia," kata Indra.

Kemudian penyebab kedua adalah adanya posisi semu matahari yang berada di atas wilayah Indonesia atau di sekitar ekuator yang menyebabkan intensitas penyinaran matahari menjadi lebih tinggi.

Pada Bulan Oktober, posisi semu matahari berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan seperti Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan daerah-daerah lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X