Tito Sebut Jadi Mendagri sebagai Hal Baru, Pengamat: Ada Peluang Risiko

Kompas.com - 23/10/2019, 19:34 WIB
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.

KOMPAS.com - Eks Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian menjadi salah satu menteri yang dilantik di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019).

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Tito menjadi Mendagri pertama yang berasal dari unsur Kepolisian.

Jokowi pun membuat catatan sejarah dengan menunjuk polisi sebagai Mendagri.

Saat mengumumkan nama Tito sebagai Mendagri, Jokowi menyebtukan salah satu tugas Tito, yaitu menghadirkan kepastian hukum di daerah, terutama yang berkaitan dengan investasi.

Sementara, serah terima jabatan Mendagri dan Kepala BNPP telah dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo meyakini bahwa tugas menjadi Kapolri tidak akan berbeda jauh dengan Mendagri.

Baca juga: Jabat Mendagri, Tito Karnavian: Kalau Kapolri Lebih Gampang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, irisan besar misalnya terlihat dari pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah termasuk dalam menjaga stabilitas daerah.

Tito pun mengucapkan terima kasih atas sambutan keluarga besar Kemendagri dan BNPP.

Hal baru

Dikutip dari Rilis Pers Puspen Kemendagri, Tito mengaku akan bergerak cepat dan menyesuaikan gaya kepemimpinan dan arahan Presiden Joko Widodo dalam bekerja.

Ia mengungkapkan bahwa terpilihnya ia sebagai Mendagri periode 2019-2024 adalah momentum yang tidak akan dilupakan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.