Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Awkarin, Para Aktivis Perempuan Kritik Twit Budiman Sudjatmiko

Kompas.com - 15/10/2019, 15:51 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Aktivis perempuan sekaligus pebisnis sosial Iim Fahima mengomentari unggahan kontroversial yang dibuat oleh Politisi PDI-P Budiman Sudjatmiko di Twitter.

Unggahan yang menyebut nama dua perempuan Awkarin dan Tri Mumpuni itu banyak diartikan membanding-bandingkan dan merendahkan salah satu pihak.

Awkarin disebut berbuat kebaikan berdasarkan sensasi, sementara Tri Mumpuni berlandas pada esensi.

Berikut bunyi twit yang diunggah oleh Budiman Sudjatmiko di akun @budimandjatmiko, Senin (14/10/2019):

2 contoh kebaikan oleh 2 perempuan: 1. Awkarin & 2. Tri Mumpuni.. Yg pertama basisnya sensasi, yg ke 2 esensi. Kebaikan harus sensasional tp yg lebih penting juga esensial. Tak cukup salah 1. Budaya kita lebih suka yg pertama, meski tubuh kita butuh yg ke 2,” tulisnya.

Baca juga: Awkarin dan Aksi Kemanusiaannya yang Direspons Politisi

Iim Fahima

Menanggapi unggahan itu, Iim Fahima membalas twit tersebut dengan pernyataan yang menunjukkan ketidaksepakatannya terhadap pendapat Budiman.

Kehebatan @awkarin: Menggunakan influencenya utk mengajak orang berbuat baik.
Kehebatan bu Sri Mumpuni: Bukan pejabat tp melakukan hal yg harusnya tanggung jawab negara. Ngga usah menggunakan sesame perempuan utk merendahkan perempuan lain!
Norak!,” komentar pendiri gerakan sosial Quinriders ini.

Tanggapan Iim Fahima selanjutnya banyak mendapat komentar, baik mereka yang menyatakan setuju maupun tidak. Namun, hingga Selasa (15/10/2019) pukul 14.30 WIB, komentar itu telah dibagikan oleh lebih dari 4,1 ribu pengguna Twitter.

Tak berhenti di situ, perempuan yang menyabet penghargaan Young World Changers at World Economic Forum Davos 2019 ini juga kembali bersuara, setelah Budiman menanggapi komentarnya.

Kamu itu politikus, laki-laki, dan dekat dengan kekuasaan. Ngga malu ya menggunakan super powermu buat merendahkan inisiatif @awkarin dengan menggunakan nama bu Sri Mumpuni?
Lagian Karin ya nyumbang pake duit sendiri, ngga nunggu gajian dari pajak rakyat,” tulisnya.

Kali ini, balasan Iim disukai oleh 1,9 ribu akun dan dibagikan ulang sebanyak 1,2 ribu kali.

Dian Sastro

Selain Iim, aktris sekaligus aktivis Dian Sastro juga menyampaikan menyatakan dukungannya untuk influencer dan selebgram Karin Novilda atau Awkarin.

Melalui Twitternya, pemeran Cinta dalam Film Ada Apa Dengan Cinta ini mendukung Awkarin dan menyatakan kebanggaannya pada sosok muda yang belakangan banyak terlihat dalam aktivitas sosial itu.

Kita semua bergerak bareng-bareng dengan caranya masing-masing dan itu kesamaan yang mengharukan.. bangga banget dengan persamaan ini, persatuan ini. Girls unite,” tulis Dian di akun @therealDiSastr.

Baca juga: Pesan Dian Sastro untuk Awkarin: Dont Stop! Kamu Membanggakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com