Dukung Awkarin, Para Aktivis Perempuan Kritik Twit Budiman Sudjatmiko

Kompas.com - 15/10/2019, 15:51 WIB
Selebgram Awkarin saat turut dalam aksi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan. Tangkapan layar akun twitter @awkarin.Selebgram Awkarin saat turut dalam aksi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan.


KOMPAS.com – Aktivis perempuan sekaligus pebisnis sosial Iim Fahima mengomentari unggahan kontroversial yang dibuat oleh Politisi PDI-P Budiman Sudjatmiko di Twitter.

Unggahan yang menyebut nama dua perempuan Awkarin dan Tri Mumpuni itu banyak diartikan membanding-bandingkan dan merendahkan salah satu pihak.

Awkarin disebut berbuat kebaikan berdasarkan sensasi, sementara Tri Mumpuni berlandas pada esensi.

Berikut bunyi twit yang diunggah oleh Budiman Sudjatmiko di akun @budimandjatmiko, Senin (14/10/2019):

2 contoh kebaikan oleh 2 perempuan: 1. Awkarin & 2. Tri Mumpuni.. Yg pertama basisnya sensasi, yg ke 2 esensi. Kebaikan harus sensasional tp yg lebih penting juga esensial. Tak cukup salah 1. Budaya kita lebih suka yg pertama, meski tubuh kita butuh yg ke 2,” tulisnya.

Baca juga: Awkarin dan Aksi Kemanusiaannya yang Direspons Politisi

Iim Fahima

Menanggapi unggahan itu, Iim Fahima membalas twit tersebut dengan pernyataan yang menunjukkan ketidaksepakatannya terhadap pendapat Budiman.

Kehebatan @ awkarin: Menggunakan influencenya utk mengajak orang berbuat baik.
Kehebatan bu Sri Mumpuni: Bukan pejabat tp melakukan hal yg harusnya tanggung jawab negara. Ngga usah menggunakan sesame perempuan utk merendahkan perempuan lain!
Norak!,” komentar pendiri gerakan sosial Quinriders ini.

Tanggapan Iim Fahima selanjutnya banyak mendapat komentar, baik mereka yang menyatakan setuju maupun tidak. Namun, hingga Selasa (15/10/2019) pukul 14.30 WIB, komentar itu telah dibagikan oleh lebih dari 4,1 ribu pengguna Twitter.

Tak berhenti di situ, perempuan yang menyabet penghargaan Young World Changers at World Economic Forum Davos 2019 ini juga kembali bersuara, setelah Budiman menanggapi komentarnya.

Kamu itu politikus, laki-laki, dan dekat dengan kekuasaan. Ngga malu ya menggunakan super powermu buat merendahkan inisiatif @awkarin dengan menggunakan nama bu Sri Mumpuni?
Lagian Karin ya nyumbang pake duit sendiri, ngga nunggu gajian dari pajak rakyat,” tulisnya.

Kali ini, balasan Iim disukai oleh 1,9 ribu akun dan dibagikan ulang sebanyak 1,2 ribu kali.

Dian Sastro

Selain Iim, aktris sekaligus aktivis Dian Sastro juga menyampaikan menyatakan dukungannya untuk influencer dan selebgram Karin Novilda atau Awkarin.

Melalui Twitternya, pemeran Cinta dalam Film Ada Apa Dengan Cinta ini mendukung Awkarin dan menyatakan kebanggaannya pada sosok muda yang belakangan banyak terlihat dalam aktivitas sosial itu.

Kita semua bergerak bareng-bareng dengan caranya masing-masing dan itu kesamaan yang mengharukan.. bangga banget dengan persamaan ini, persatuan ini. Girls unite,” tulis Dian di akun @therealDiSastr.

Baca juga: Pesan Dian Sastro untuk Awkarin: Dont Stop! Kamu Membanggakan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X