Perjalanan Bambang Soesatyo, Pernah Berkiprah di Media, Jadi Politisi hingga Ketua MPR...

Kompas.com - 04/10/2019, 10:17 WIB
Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo melambaikan tangan di ruang Sidang Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).  Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIKetua MPR terpilih Bambang Soesatyo melambaikan tangan di ruang Sidang Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.

KOMPAS.com - Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo didapuk menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Terpilihnya Bambang menduduki kursi Ketua MPR ini merupakan keputusan sepuluh fraksi, meskipun sebelumnya Fraksi Partai Gerindra bersikeras mengajukan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI.

Gerindra dan Muzani akhirnya mengalah dan mendukung Bambang.

Pemilihan dan pelantikan Ketua MPR RI dilaksanakan pada Kamis (3/10/2019) malam, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Bagaimana perjalanan Bambang hingga berkiprah di panggung politik dan kini menjadi Ketua MPR?

Bambang Soesatyo, atau biasa disapa Bamsoet, mempunyai jejak karier panjang sebelum akhirnya melenggang ke Senayan.

Baca juga: Pidato Pertama Bamsoet Jadi Ketua MPR, Nama Hidayat Nur Wahid Kelewat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lahir di Jakarta pada 10 September 1962, Bambang bukan hanya piawai di bidang politik.

Bambang beberapa kali menjadi direksi dan pimpinan perusahaan.

Ia pernah menjadi Komisaris Utama di PT Mapindo Mulathama, PT Infobec Pena Utama dan PT Dasa Kharisma Promosindo.

Selain itu, peraih Penghargaan Top Eksekutif Indonesia pada 1996 ini sempat menjabat menjadi Direktur Utama di sejumlah perusahaan seperti PT Gapura Utama Ekacipta, PT Kepindo Info Link, PT Info Jaya Abadi dan PT Info Persada Laksana Citra (IPLC).

Bambang juga tercatat pernah berkiprah menjadi wartawan beberapa media, pemimpin redaksi, dan komisaris Radio ONE 101.25 FM Jakarta.

Pada 1991-1992, Bambang pernah menjadi dosen Sekolah Tinggi Ekonomi & Keuangan Perbankan Indonesia (Stekpi).

Baca juga: Jadi Ketua MPR RI, Ini Daftar Mobil Bamsoet yang Dilaporkan ke KPK

Berbagai bidang ilmu pendidikan juga pernah ditempuh Bambang Soesatyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.