Mengenal Baby Blues, Gangguan Jiwa yang Kerap Dialami Pasca-kelahiran

Kompas.com - 05/09/2019, 17:50 WIB
Ilustrasi ibu mertua JackFIlustrasi ibu mertua

KOMPAS.com - Kejadian yang menimpa seorang ibu, FM, yang tega membunuh anaknya berusia 3 bulan sempat ramai di media sosial.

Diketahui, FM mengalami bisikan misterius yang membujuk dirinya untuk mengakhiri buah hatinya sendiri dengan iming-iming anaknya akan masuk surga.

Ia juga sempat mendengar bisikan yang mengatakan dirinya belum siap memiliki anak.

Adapun kecemasan dan kekhawatiran yang dialami FM termasuk dalam kondisi Baby Blues, yakni perubahan psikologis secara mendadak yang dirasakan seorang ibu setelah proses melahirkan.

Namun, tidak semua ibu pascaproses melahirkan akan mengalami Baby Blues.

Lalu, apa saja ciri, penyebab, dan gejala Baby Blues?

Gejala

Dokter spesialis Obstetri & Ginekologi dr Ekarini menyampaikan bahwa ada dua gejala yang muncul pada ibu yang mengalami baby blues, yakni bayi yang tidak dikehendaki dan kondisi ibu yang belum siap mental untuk memiliki bayi.

Eka menjelaskan kondisi tersebut bisa juga dirasakan dari faktor internal, seperti ketika ibu harus melawan kesakitan saat melahirkan dan perubahan bentuk tubuh.

Sementara untuk faktor eksternal, ibu juga bisa terdampak Baby Blues saat menerima banyak tekanan dari lingkungan, maupun dari keluarga.

Bayang-bayang mengenai sejumlah pekerjaan rumah yang menggunung dan harus diselesaikan disertai kewajibannya mengasuh anak terus ada di pikiran ibu yang mengalami Baby Blues.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X