Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KA Sancaka Yogyakarta-Surabaya Macet di Sragen, KAI Ungkap Ada Masalah Rem

Dalam video berdurasi 01.03 menit yang diunggah oleh akun X @merapi_uncover, terdengar suara petugas kereta api menjelaskan kondisi KA Sancaka pada malam itu.

"Kereta Api Sancaka sedang pengecekan pengereman atas gangguan kendala operasional, kami mohon kerja samanya kepada pelanggan untuk tetap berhati-hati," ucap petugas.

Hingga Kamis (11/1/2024), video tersebut telah dilihat lebih dari 219.400 kali dan disukai oleh sebanyak 623 orang.

Lebih lanjut ia menyampaikan, gangguan pengereman terjadi pada gerbong kereta ekonomi paling belakang atau K3 0 19 52.

Mengetahui hal tersebut, pihak teknik PT KAI berkoordinasi dengan masinis untuk segera melakukan Berhenti Luar Biasa (BLB) di kilometer 247+7 jalur hulu antara Kemiri-Masaran guna melakukan pengecekan rangkaian. 

"Ditemukan rangkaian paling belakang mengalami gangguan pengereman dan diambil tindakan darurat untuk bisa sampai di stasiun terdekat dengan aman, kurang lebih 17 menit untuk pengecekan dan KA berangkat kembali," ujar Krisbiyantoro saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Setibanya di Stasiun Masaran pukul 18.44 WIB, rangkaian kereta api yang bermasalah tersebut kembali dicek dan diperbaiki.

"Proses perbaikan memakan waktu kurang lebih satu jam sebelum akhirnya kereta api kembali berangkat menuju ke Surabaya pukul 20.02 dengan total keterlambatan 104 menit," jelas dia.

Untuk mengantisipasi masalah teknis lainnya, Krisbiyantoro menjelaskan, PT KAI segera melakukan penggantian suku cadang pada KA Sancaka yang bermasalah.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/11/121500465/ka-sancaka-yogyakarta-surabaya-macet-di-sragen-kai-ungkap-ada-masalah-rem

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke