Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Pakaian Hitam agar Tidak Luntur

Pakaian hitam bahkan menjadi salah satu andalan bagi sebagian orang yang ingin terlihat modis, lebih kurus, dan tidak ingin merasa ribet.

Namun, pakaian atau celana hitam bisa jadi akhirnya tidak terpakai saat warnanya memudar atau luntur.

Lalu, adakah cara menjaga warna pakaian agar tetap hitam dan tidak memudar apalagi luntur?

Berikut cara mencuci pakaian hitam agar tidak luntur:

Selain itu, sikat atau mesin cuci juga dapat ikut menggesek kain. Akibatnya akan memengaruhi warna dan kondisi kain, terutama baju hitam.

Karena itu, pastikan pakaian hitam yang hendak dicuci sudah kotor dan perlu dibersihkan. Jika masih cukup bersih, cukup gantung dan beri pewangi agar dapat dipakai lagi.

2. Sortir pakaian

Pastikan untuk selalu memisahkan pakaian sesuai warna dan jenis kainnya sebelum dicuci. Pakaian berwarna tentu sebaiknya dipisahkan dari pakaian hitam atau putih.

Tidak hanya itu, pisahkan juga jenis pakaian dengan kain yang butuh dibersihkan secara lebih hati-hati dari kain biasa. Contohnya, kain yang terbuat dari asetat, triasetat , atau rayon.

3. Gunakan air dingin

Selalu gunakan air dengan suhu dingin untuk mencuci pakaian berwarna gelap. Air panas justru akan memudarkan warnanya dan mempercepat kelunturan.

Saat mencuci baju hitam dengan tangan atau menggunakan mesin cuci, gunakan air dingin. Bahkan kalau perlu, pilih air yang sedingin mungkin.

Cukup gunakan sebanyak satu atau dua sendok teh saja. Jangan berlebihan karena kebanyakan deterjen justru membuat warna luntur dan kain kusam.

Kalau tidak ada, deterjen cair dapat menjadi opsi yang lebih baik daripada versi bubuknya.

Deterjen cair akan mencegah partikel yang tidak larut menempel ke kain sehingga membuatnya kusam.

5. Balik pakaian

Pastikan selalu membalik pakaian berwarna gelap sebelum dicuci. Tindakan ini akan mencegah lapisan serat di bagian atas pakaian menjadi rusak.

Jika menggunakan mesin cuci, pastikan juga agar pakaian tidak dicuci berlebihan melebihi kapasitasnya. Gunakan juga mode mesin cuci yang paling lembut dan dalam waktu sebentar.

6. Hindari Matahari langsung

Menjemur pakaian umumnya dilakukan di bawah matahari agar cepat kering. Namun, berada di bawah matahari langsung justru akan memudarkan warna kain.

Sebaiknya, hindari menjemur baju hitam langsung di bawah matahari. Jika ada, mesin pengering otomatis dapat menjadi solusi yang lebih baik.

Hal tersebut akan membantu melindungi pakaian hitam, menjaga warna gelap tahan lama, sekaligus menghindari pudar.

8. Rendam air dingin

Jika baju sangat kotor, sebaiknya rendam dengan air dingin atau gosok dengan kain lembab dan deterjen sebelum dicuci.

Cara ini akan menjaga warna pakaian tetap bagus sekaligus mencegah proses mencuci baju berlangsung terlalu lama.

9. Tambahkan pelembut kain

Dilansir dari Cnet, pelembut pakaian akan mampu menjaga serat kain selama pencucian. Ini akan menghindari gesekan pada baju.

Kain yang sering tergesek lama-kelamaan akan membuat warnanya memudar.

10. Tambahkan cuka atau garam

Beri setengah cangkir cuka atau sekitar 118,3 mililiter ke setiap cucian agar mencegah warnanya luntur. Cuka juga berfungsi sebagai pelembut kain alami yang baunya bisa hilang saat dibilas.

Selain itu, menambahkan garam dengan kadar yang sama saat pertama kali mencuci pakaian baru juga dapat mengunci warna dan mencegah luntur.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/20/073000865/cara-mencuci-pakaian-hitam-agar-tidak-luntur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke