Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Media Asing soal Aktivitas Gunung Semeru

KOMPAS.com - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik mulai Minggu (4/12/2022) dini hari.

Semeru terekam mengeluarkan abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan, setinggi 1,5 km di atas puncak.

Per Minggu (4/12/2022) pukul 12.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun menaikkan status dari Siaga (level III) menjadi Awas (level IV).

Sejumlah media asing berbondong-bondong mewartakan erupsi gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini.

Berikut beberapa pemberitaan media luar negeri:

NHS

Kantor berita Jepang, NHS, pada Minggu (4/12/2022) turut menyoroti aktivitas vulkanik gunung Semeru.

NHS melaporkan, Badan Metereologi Jepang tengah menyelidiki kemungkinan pengaruh letusan Semeru terhadap gelombang tsunami di Jepang.

Apabila tsunami mencapai Jepang, lapor NHS, kemungkinan akan menghantam daerah pesisir pulau-pulau di Okinawa.

Media asal Inggris, The Guardian melalui artikel berjudul "Hundreds evacuated after Indonesia’s Semeru volcano erupts" pada Minggu (4/12/2022), turut memberitakan kondisi Semeru.

Pemberitaan The Guardian berfokus pada evakuasi ratusan warga menyusul erupsi gunung Semeru.

Disebutkan, lava mengalir menuruni lereng Semeru menuju sungai terdekat, sementara beberapa desa terselimuti abu yang menghalangi matahari.

Mewawancarai Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang, media ini menyebutkan bahwa ratusan orang dipindahkan ke tempat penampungan sementara.

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat peristiwa ini.

"Pihak berwenang mengeluarkan tingkat peringatan tertinggi sebagai tanggapan atas letusan tersebut," tulis The Guardian.

Untuk itu, masyarakat diimbau menjauh 5 km dari mulut kawah, dan menghindari kawasan sektor tenggara sepanjang sungai Besuk Kobokan yang terletak sekitar 13 km (8 mil) dari kawah.

Media ini turut menuliskan, dengan 142 gunung berapi, Indonesia memiliki populasi terbesar di dunia yang tinggal di dekat gunung berapi.

Termasuk, 8,6 juta orang yang tinggal dalam jarak 10 km dari satu gunung berapi di Indonesia.

Melalui pemberitaan bertajuk "Indonesia raises volcano warning to highest after Semeru erupts, evacuates 90 people", Reuters memberitakan bahwa Indonesia menaikkan status peringatan tertinggi setelah Semeru meletus.

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, PVMBG, menaikkan tingkat aktivitas vulkanik menjadi IV dari III," tulis Reuters, Minggu (4/12/2022).

Kantor berita asal Inggris ini melaporkan, evakuasi warga termasuk anak-anak dan lansia di dekat gunung tengah dilakukan.

Sejauh ini, sebanyak 93 warga telah dievakuasi ke tempat penampungan. Beberapa warga juga telah mengungsi secara mandiri ke bangunan lebih aman, seperti masjid dan sekolah.

Adapun menurut Kepala PVMBG Hendra Gunawan, lapor Reuters, potensi pasokan magma Semeru tahun ini lebih besar dibandingkan erupsi pada 2021 dan 2020.

"Sekitar waktu yang sama tahun lalu, letusan Semeru, gunung tertinggi di Jawa, menewaskan lebih dari 50 orang dan menyebabkan beberapa orang hilang, sementara ribuan lainnya mengungsi," tulis Reuters.

ABS-CBN

ABS-CBN, media asal Filipina, turut memberitakan aktivitas gunung Semeru di Jawa Timur, pada Minggu (4/12/2022).

Melalui berita berjudul "Indonesia's Mount Semeru alert status raised to highest level after eruption", ABS-CBN memberitakan bahwa pihak berwenang menaikkan status siaga ke tingkat tertinggi.

Meski berada di status tertinggi, tidak ada laporan korban meninggal maupun luka akibat letusan gunung.

Di satu sisi, tulis ABS-CBN, Jepang turut memperingatkan kemungkinan ancaman tsunami di pulau Miyako dan Yaeyama, Okinawa.

Media ini turut menuliskan, Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, tempat pertemuan lempeng benua.

Oleh karena itu, aktivitas vulkanik dan seismik di Indonesia tinggi.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/04/173500365/kata-media-asing-soal-aktivitas-gunung-semeru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke