Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi F-16 Viper, Jet Tempur dengan Sistem Peperangan Canggih

KOMPAS.com - Jet tempur merupakan salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang diandalkan oleh militer suatu negara. Tak terkecuali bagi Indonesia.

Selain Sukhoi, jet tempur yang dioperasikan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) adalah F-16.

Untuk diketahui, pesawat-pesawat F-16 TNI AU yang dimiliki saat ini adalah varian Block 15, Block 25, dan Block 40. Semuanya adalah buatan 1980-an.

Namun tahukah Anda, jet tempur F-16 telah sampai pada varian terbaru, yakni F-16 Block 72.

Lantas, seperti apa spesfikasi hingga kecanggihan jet tempur F-16 Block 72?

Spesifikasi F-16 Block 72

F-16 Block 72 adalah versi terbaru dari F-16 yang diklaim menawarkan teknologi mutakhir dan tercanggih dalam konfigurasi F-16 yang terdapat di pasaran saat ini.

F-16 yang juga berjuluk "Viper" ini merupakan jet tempur produksi Lockheed Martin.

Dilansir dari laman resmi pabrikan, lockheedmartin.com, F-16 Viper didesain menggabungkan berbagai kapabilitas dan peningkatan struktural sehingga membuatnya lebih canggih.

F-16 Viper memiliki kekuatan umur struktur lebih dari 50 persen melebihi produksi pesawat F-16 sebelumnya.

Adapun konfigurasi F-16 Block 72 dilengkapi radar Active Electronically Scan Array (AESA) yang canggih, serangkaian infusi teknologi avionik termasuk komputer misi dan layar prosesor.

Selain itu, layar resolusi tinggi dengan format besar 6x8, sistem perang elektronik internal, jaringan data bervolume dan berkecepatan tinggi, serta menggabungkan tautan data yang canggih.

Radar APG-83 AESA Northrop Grumman menawarkan kesadaran situasional lebih baik, fleksibel, dan penargetan cuaca yang lebih cepat.

APG-83 akan memberikan informasi kepada pilot mengenai area target secara terinci yang belum pernah ada sebelumnya.

Kemudian, tampilan peta digital yang dapat disesuaikan dengan fitur perubahan dan pembesaran.

APG-83 juga akan memberikan kemampuan radar tempur generasi ke-5 kepada F-16 Viper dengan memanfaatkan kesamaan perangkat keras dan lunak dengan radar AESA F-22 dan F-35.

Fitur utama lain dari konfigurasi F-16 Block 72 adalah Center Pedestal Display (CPD) yang memberikan citra yang taktis dan kritis kepada pilot pada layar dengan resolusi tinggi.

CPD baru ini memungkinkan peta berwarna yang dapat bergerak, lebih besar, dan mudah untuk mengelola tampilan situasi antar udara. CPD juga kompatibel dengan sistem Night Vision Imaging System (NVIS).

Sistem peperangan elektronik canggih

Pesawat ini dilengkapi dengan Sistem Advanced Integrated Defensive Electronic Warfare System (AIDEWS) Electronic Warfare (EW).

Sistem EW sepenuhnya terintegrasi dengan subsistem avionik lainnya, dan memberikan kesadaran situasional yang kuat kepada pilot dengan radar penerima peringatan digital dan kemampuan gangguan aktif yang kuat.

Selain itu, sistem EW ini juga mewakili teknologi digital EW paling modern yang tersedia, memberikan perisai elektronik yang aman terhadap rudal anti-pesawat dan ancaman dari radar musuh.

Dikombinasikan dengan modifikasi struktur service life extension program (SLEP), kemampuan F-16 Block 72 dipastikan dapat terbang dan bertempur hingga tahun 2045.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/22/210000665/spesifikasi-f-16-viper-jet-tempur-dengan-sistem-peperangan-canggih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke