Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UPDATE Corona Global 21 Januari 2022: Omicron di Indonesia Tembus 1.078 Kasus | Singa di Afsel Positif Covid-19

KOMPAS.com - Infeksi virus corona penyebab Covid-19 masih menjangkit ratusan negara di dunia.

Berdasarkan data real time Worldometers pada Jumat (21/1/2022) pagi, total kasus virus corona secara global, yakni:

Update virus corona di Indonesia

Menurut update terbaru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Kamis (20/1/2022) malam, kasus corona varian Omicron di Indonesia dilaporkan sudah mencapai 1.078.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 756 merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN).

"Non-PPLN atau transmisi lokal sebanyak 257, dan belum diketahui (pemeriksaan epidemiologi) 65," kata Nadia melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Menurut update kasus harian dari Satgas Penanganan Covid-19 per Kamis (20/1/2022) malam, laporan kasus harian virus corona sebagai berikut:

  • Kasus penambahan infeksi harian: 2.116
  • Korban meninggal: 7
  • Pasien sembuh: 577

Dengan penambahan angka tersebut, total kasus Covid-19 yang tercatat di Indonesia meliputi:

Melansir pemberitaan Kompas.com, Kamis (20/1/2022), Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat lima kali lipat dalam tiga pekan terakhir.

Adapun kasus positif Covid-19 disebut naik dari 1.123 menjadi 5.454.

"Jumlah kasus positif nasional mengalami peningkatan dalam tiga minggu terakhir yaitu meningkat 5 kali lipat dari 1.123 kasus menjadi 5.454 kasus," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/1/2022).

Wiku menambahkan, naiknya kasus positif Covid-19 disebabkan dari dua sumber, yaitu transmisi lokal dan pelaku perjalanan luar negeri.

Saat ini, kasus positif Covid-19 lebih banyak berasal dari transmisi lokal dibandingkan pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Bahkan per tanggal 15 Januari 2022, (sebanyak) 63 persen kasus positif merupakan transmisi lokal, sedangkan untuk data pelaku perjalanan luar negeri menunjukkan peningkatan," lanjut dia.

Dilansir dari NHK, Kamis (20/1/2022) malam, Kementerian Kesehatan Jepang telah menyetujui rencana untuk memperluas program vaksinasi virus corona untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun.

Hal ini mengikuti aplikasi yang diajukan oleh perusahaan farmasi AS Pfizer pada November 2021.

Keputusan itu dibuat pada hari Kamis di panel ahli kementerian yang telah melihat efektivitas dan keamanan vaksin Pfizer.

Persetujuan semacam itu akan menjadi yang pertama oleh otoritas Jepang untuk menginokulasi anak-anak di bawah 12 tahun terhadap virus corona.

Saat ini, Jepang menyetujui penggunaan vaksin Pfizer dan vaksin lainnya oleh pembuat obat AS Moderna untuk penerima vaksin berusia 12 tahun atau lebih.

Penggunaan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris AstraZeneca dan Universitas Oxford pada prinsipnya dibatasi untuk orang berusia 40 tahun atau lebih.

Kemenkes Jepang mendesak pemerintah kota untuk mempersiapkan dimulainya vaksinasi untuk anak berusia 5 hingga 11 tahun pada awal Maret 2022.

Ia berencana untuk mengadakan pertemuan para ahli Rabu pekan depan untuk membahas rincian program vaksin yang diperluas.

Dikutip dari The New York Times, Jumat (21/1/2022), seekor singa di kebun binatang Afrika Selatan tertular virus corona dari pawangnya, sakit selama lebih dari tiga minggu.

Hewan tersebut terus dites pendeteksian Covid-19 dan hasilnya positif hingga tujuh minggu.

Saat ini, belum diketahui berapa banyak virus yang dibawa singa-singa itu atau apakah mereka secara aktif menularkan selama mereka dites positif.

Para peneliti menyampaikan, kemungkinan hal itu akan meningkatkan risiko wabah di alam liar dapat menyebar lebih luas dan menginfeksi spesies lain.

Bahkan, mungkin bisa membuat virus menjadi endemik di antara hewan liar, dan dalam kasus terburuk, memunculkan varian baru yang bisa melompat kembali ke manusia.

Tim peneliti memantau dua Puma yang tertular virus corona di kebun binatang pribadi pada Juli 2020, di mana saat itu muncul gelombang pandemi pertama di Afrika Selatan.

Hewan Puma itu, yang bukan asli Afrika Selatan, mulai menunjukkan gejala, termasuk kehilangan nafsu makan, diare, pilek, dan batuk terus-menerus. Keduanya pulih sepenuhnya setelah 23 hari menjalani perawatan.

Dalam beberapa pekan terakhir, sekitar 60 distrik sekolah di New Mexico beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sementara, sebanyak 75 pusat penitipan anak telah ditutup sebagian atau seluruhnya karena kekurangan staf.

Saat ditanya tentang penutupan sekolah pada konferensi pers Gedung Putih pada Rabu (19/1/2022), Presiden AS Joe Biden dengan cepat mengatakan bahwa sebagian besar sekolah tetap dibuka.

“Mari kita menempatkannya dalam perspektif: 95 persen, setinggi 98 persen, sekolah di Amerika terbuka, berfungsi dan mampu melakukan pekerjaan itu,” kata Biden.

Di samping itu, Presiden Federasi Guru Amerika di New Mexico Whitney Holland mengatakan bahwa kekurangan staf guru adalah "krisis nasional."

Kurangnya staf ini dikarenakan mereka terinfeksi Covid-19.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/21/090500065/update-corona-global-21-januari-2022--omicron-di-indonesia-tembus-1.078

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke