Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi, Rabu Pon, dan Vaksinasi Dosis Ketiga 12 Januari 2022

Semoga kabarmu baik.

Tidak mudah untuk bisa segera menjawab pertanyaan "apa kabar?".

Jawaban pertanyaan ini mengandaikan kemampuan menengok hidup dalam rentang waktu tertentu, minimal rentang waktu perjumpaan dengan yang menanyakan kabar.

Untuk memperlancar dan mempercepat komunikasi, pertanyaan "apa kabar?" kerap kita jawab otomatis saja, "kabar baik!".

Sama seperti pertanyaan "apa kabar?" yang otomatis dan cenderung basa-basi, jawaban "kabar baik!" atasnya juga kita berikan secara otomatis dan cenderung basa-basi.

Tetapi apakah kita benar-benar baik ketika secara otomatis menjawab "kabar baik!"?

Coba ambil waktu sejenak saja untuk menilik sejatinya kabarmu. Saya akan menunggu dan tidak hendak tergesa-gesa melanjutkan komunikasi.

Apakah kabarmu baik, kurang baik, tidak baik, atau bahkan buruk. Sadari dan terima keadaan itu seada-adanya, sesejati-sejatinya.

Tahap pertama untuk bisa berkembang atau bertumbuh adalah menerima. 

Saya sendiri berkabar baik karena anugerah kesehatan.

Tahun 2021 yang seperti roller coaster karena naik-turun, jungkir-balik, senyum-tawa, dan suka-duka baru saja kita lalui.

Banyak kenangan kita di tahun 2021. Tautan video di atas meringkaskan apa saja yang secara umum perlu kita kenang, kita jadikan pijakan untuk memasuki tahun 2022.

Di tengah ancaman varian Omicron yang sudah bertransmisi lokal di Indonesia, kasus positif Covid-19 tidak pernah melampaui angka 300 kasus sejak libut Natal dan Tahun Baru.

Vaksinasi juga menunjukkan angka yang mengembirakan dengan capaian 280 juta vaksin disuntikkan, 114 juta warga menerima vaksin lengkap atau setara dengan 41,7 persen penduduk.

Dengan kemampuan kita mengendalikan penularan (salah satunya disiplin prokes) dan pencapaian jumlah vaksinasi, varian Omicron yang datang mengancam kita hadapi dengan lebih siap.

Terlebih, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk vaksinasi dosis tiga bisa dilakukan mulai Rabu Pon (dalam pasaran Jawa), 12 Januari 2022.

Jika menilik perjalanan vaksinasi Covid-19, pemberian dosis pertama dilakukan persis setahun sebelumnya di hari yang sama yaitu Rabu. 

Pemberian dosis pertama vaksin dilakukan di halaman belakang Istana Merdeka pada Rabu (13/01/2021).

Presiden Joko Widodo jadi orang pertama di Indonesia yang secara resmi menerima vaksin Sinovac.

Apakah Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama di Indonesia yang secara resmi akan menerima vaksin dosis ketiga? Belum ada keterangan soal hal ini.

Di antara kesiapan itu adalah rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) soal efektivitas setengah dosis vaksin Moderna dan Pfizer.

Rekomendasi ITAGI dan BPOM akan dikeluarkan 10 Januari 2022. Jika efektivitas setengah dosis memadai, booster gratis untuk semua warga negara aman tersedia.

Saat ini, ketersediaan vaksin untuk booster atau vaksin ketiga di pemerintah sejumlah 113 juta dosis. Kebutuhan untuk booster diperkirakan sekitar 230 juta.

Dengan hitungan ini, stok vaksin 113 juta dirasakan aman untuk kebutuhan vaksin gratis di seluruh Indonesia.

Penelitian untuk setengah dosis vaksin ketiga merujuk pada kebijakan Center for Disease Control (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau FDA Amerika Serikat.

Penelitian juga dilakukan untuk jenis vaksin yang dijadikan booster apakah sejenis (homologus) atau berbeda jenis (heterologus).

BPOM sendiri sedang mendaftar lima calon vaksin untuk keperluan booster atau vaksin ketiga. Vaksin itu adalah Pfizer, AstraZeneca, Coronavac (vaksin PT  Bio Farma), Zifivax, dan Sinopharm.

BPOM sedang menguji klinis baik untuk vaksin sejenis (homologus) maupun vaksin berbeda jenis (heterologus).

Jika datanya lengkap, BPOM akan mengeluarkan emergency use authorization (EUA) untuk vaksin ketiga atau booster.

Vaksinasi ketiga bisa diberikan di kabupaten/kota yang sudah mecapai 70 persen penyuntikan dosis pertama atau 60 persen penyuntikan dosis kedua. Ada 224 kabupaten/kota yang memenuhi syarat vaksinasi ketiga ini.

Untuk mekanisme booster atau vaksinasi ketiga, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlangga Hartarto menyebut tiga kemungkinan.

Pertama melalui program pemerintah dalam hal ini gratis untuk semua warga negara. Kedua penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Ketiga booster mandiri alias berbayar dan mengupayakan sendiri.

Jika BPOM melalui uji klinisnya menyatakan bahwa setengah dosis untuk booster atau vaksin ketiga cukup efektif, maka mekanisme pertama yaitu gratis untuk semua warga negara akan diambil.

Saat ini, pemerintah sudah mengamankan ketersediaan 113 juta dosis vaksin untuk booster.

Jika kebutuhan booster atau vaksin ketiga sekitar 230 juta, maka tinggal dibutuhkan 2 juta dosis vaksin saja untuk memenuhinya.

Kita menunggu hasil uji klinis dan rekomendasi ITAGI dan BPOM untuk upaya baik mengatasi dan mengakhiri pandemi ini pada 10 Januari 2022.

Rekomendasi ini akan menjadi awal booster atau vaksinasi ketiga yang sudah dijadwalkan pada Rabu, 12 Januari 2022.

Rabu adalah hari yang kerap dipilih untuk hal-hal penting oleh Presiden Jokowi.

Juga 12 Januari 2022, Rabu Pon nanti.

Salam weton,

Wisnu Nugroho

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/04/143842665/jokowi-rabu-pon-dan-vaksinasi-dosis-ketiga-12-januari-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke