Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

KOMPAS.com - Membedakan ikan cupang jantan dan betina dapat membantu dalam banyak hal, termasuk mengidentifikasi penyakit yang mungkin diderita ikan

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina memang akan lebih mudah seiring pertambahan usia ikan. Akan tetapi, pemula seringkali tetap kesulitan membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar dapat membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (6/9/2021), berikut ini cara membedakan ikan cupang jantan dan betina:

1. Warna ikan cupang

Dilansir dari The Spruce Pets melalui KOMPAS.com, warna ikan cupang jantan lebih cerah dibandingkan ikan cupang betina.

Meski begitu, membedakan jenis kelamin ikan cupang tidak bisa hanya berdasarkan warnanya saja, sebab terkadang ikan cupang betina juga mempunyai warna yang cukup cerah.

2. Garis vertikal ikan cupang

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina selanjutnya adalah garis vertikal pada tubuhnya.

Ikan cupang betina memiliki garis-garis vertikal pada tubuhnya saat siap kawin, sedangkan cupang jantan tidak memilikinya.

3. Bentuk tubuh ikan cupang

Dilansir dari bettafish.org melalui KOMPAS.com, ikan cupang jantan cenderung memiliki tubuh yang lebih besar dan panjang, serta sirip yang juga lebih panjang dibandingkan cupang betina.

Ekor, sirip dubur, dan sirip di punggungnya membuat ikan cupang jantan tampak lebih besar daripada ikan cupang betina.

Sementara itu, ikan cupang betina biasanya memiliki tubuh yang lebih pendek dan lebih lebar dibandingkan ikan cupang jantan.

4. Sirip ikan cupang

Ikan cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang, bahkan terkadang lebih panjang hingga mencapai tiga atau empat kali sirip ikan cupang betina.

Ikan cupang jantan dalam beberapa varietas memang memiliki sirip ekor yang pendek, namun pada kebanyakan varietas, ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek daripada cupang jantan.

Selain itu, sirip perut ikan cupang jantan pun tampak lebih panjang dan lebih tebal daripada sirip perut ikan cupang betina.

5. Titik telur ikan cupang

Ikan cupang betina dewasa memiliki "titik telur" di antara sirip perut dan duburnya. "Titik telur" itu sebenarnya adalah ovipositor yang digunakan untuk bertelur.

6. Janggut ikan cupang

Ikan cupang memiliki selaput di bawah penutup pelat insang yang disebut membran operkuler.

"Janggut" ikan cupang jantan berukuran besar, sedangkan ikan cupang betina memiliki janggut dengan ukuran yang lebih kecil.

7. Ngedok (flaring)

Salah satu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina paling mudah adalah memperhatikan ketika ikan sedang ngedok atau flaring.

Saat sedang ngedok, perbedaan ikan cupang jantan dan betina semakin terlihat jelas. Ikan cupang jantan akan menunjukkan "janggut" yang lebar ketimbang ikan cupang betina.

8. Perilaku ikan cupang

Ikan cupang jantan dijuluki ikan adu karena sangat agresif satu sama lain, termasuk dengan ikan cupang betina.

Oleh sebab itu, orang yang memelihara ikan cupang tidak dianjurkan menempatkan lebih dari satu ikan cupang jantan di dalam satu akuarium.

Pecinta ikan cupang juga tidak disarankan untuk menggabungkan ikan cupang jantan dan betina di dalam akuarium, kecuali untuk proses berkembang biak.

9. Agresi ikan cupang

Ikan cupang betina bukanlah petarung seperti cupang jantan, tetapi ia bisa agresif terhadap satu sama lain maupun terhadap jenis ikan lain..

Oleh sebab itu, jika ingin memelihara lebih dari satu ikan cupang betina, setidaknya letakkan lima cupang betina di dalam akuarium yang sama, sehingga perilaku agresif lebih tersebar dan tidak diarahkan ke satu ikan yang sama.

10. Ikan cupang meniupkan gelembung

Ikan cupang jantan kerap meniupkan gelembung. Gelembung air liur itu dibuat di permukaan air untuk melindungi telur selama berkembang biak.

Akan tetapi, ikan cupang betina juga meniupkan sarang gelembung meskipun cukup jarang.

Ikan cupang jantan membuat sarang gelembung untuk persiapan berkembang biak dengan betina, namun ia pun tetap akan membuat sarang gelembung meskipun tidak memiliki pasangan di dalam akuarium.

(Penulis: Nabilla Tashandra)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/25/201500465/10-cara-membedakan-ikan-cupang-jantan-dan-betina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke