Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Musim Hujan 2021 Tiba? Ini Penjelasan BRIN

Terjadinya hujan di beberapa wilayah di Indonesia ini membuat warganet penasaran kapan musim hujan tiba. Contohnya, seperti yang dipertanyakan beberapa akun Twitter berikut:

Diprediksi terjadi Desember

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi, hujan maksimal dan merata di seluruh Indonesia terjadi pada bulan Desember 2021.

"(Musim hujan terjadi) bulan Desember 2021," kata peneliti di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) BRIN Erma Yulihastin, secara singkat kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Mengutip informasi dari Instagram PSTA LAPAN, wilayah Indonesia bagian selatan sementara ini masih mengalami musim kemarau yang ditunjukkan dengan curah hujan minimum.

Sedangkan, wilayah Indonesia di bagian utara menunjukkan curah hujan yang meningkat dibanding Juli dan rata-rata hujan pada Agustus.

Pada bulan September 2021, akan terjadi hujan maksimum yang terkonsentrasi di wilayah pesisir barat Sumatra bagian utara, Kalimantan bagian utara dan timur, Sulawesi bagian utara dan timur, serta Papua bagian utara.

Penyebab datangnya musim hujan

Beberapa penyebab datangnya musim hujan di beberapa wilayah di Indonesia, meliputi:

Prediksi musim hujan

Hujan maksimum dan merata di seluruh wilayah Indonesia akan mulai terjadi pada Desember 2021.

PadaJanuari-Februari 2022 di wilayah bagian barat Indonesia cenderung mengalami penurunan curah hujan. Sementara, kondisi anomali yang lebih basah diprediksi terjadi di timur Indonesia, akibat pergerakan konveksi secara zonal dari barat ke timur.

Berikut prediksi curah di bulan September 2021:

  • Wilayah Aceh, pantai barat Sumatera, Kalimantan barat dan utara, Sulawesi Barat, Maluku bagian selatan (sekitar Ambon), serta daerah pegunungan Papua diprediksi akan mengalami curah hujan yang tinggi. Curah hujan deras ini berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor
  • Wilayah Sumatera bagian timur dan Kalimantan bagian barat, mempunyai probabilitas tinggi untuk mengalami suhu tinggi di atas 32 derajat Celcius. Perlu ada antisipasi bencana kebakaran hutan di wilayah tersebut.
  • Wilayah di perairan selatan Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Bandangin diprediksi akan mengalami angin kencang dan gelombang laut tinggi kemungkinan besar terjadi pada September-Oktober 2021. Kendati demikian, laut Jawa mempunyai kemungkinan yang tidak begitu tinggi yakni antara 40-80 persen.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/11/070000765/kapan-musim-hujan-2021-tiba-ini-penjelasan-brin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke