Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanya Jawab Panduan bagi Peserta UTBK-SBMPTN 2021 Unpad

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran merilis panduan bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Humas Unpad Dandi Supriadi panduan tersebut dapat dilihat di Instagram resmi Unpad, @universitaspadjadjaran.

"Materinya sudah bisa diakses di IG Universitas Padjadjaran. Untuk pelaksanaan UTBK di kampus Unpad dan UIN Sunan Gunung Djati," ujar Dandi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/4/2021) siang.

Apa peserta wajib membawa hasil swab atau rapid test?

  • Jawaban:

Peserta wajib melakukan penapisan (deteksi dini Covid-19) secara daring melalui http://bit.ly/utbkunpad2021 paling cepat H-2 dari tanggal pelaksanaan ujian masing-masing.

Jika berdasarkan hasil penapisan tersebut peserta UTBK terkategori memiliki gejala dan atau tanda-tanda klinis ILI (influenza like illness), maka yang bersangkutan diwajibkan melakukan pemeriksaan swab RDT Antigen sebelum memasuki ke lokasi ujian.

Apabila peserta tidak dapat menunjukkan hasil pemeriksaan sebagaimana dimaksud, maka peserta tersebut harus menjalani pemeriksaan swab RDT Antigen oleh tenaga kesehatan UTBK yang bertugas.

Berdasarkan hasil pemeriksaan swab RDT Antigen, tenaga kesehatan yang bertugas akan menetapkan boleh atau tidaknya peserta UTBK tersebut memasuki ruangan ujian.

Jika peserta dari luar kota ditolak masuk ke Bandung dan tidak bisa mengikuti UTBK, apakah diberikan kesempatan mengikuti ujian di hari lain?

  • Jawaban:

Tidak, karena risiko menjadi tanggung jawab peserta apabila saat memilih pusat UTBK terjadi kesalahan yang menyebabkan pendaftar tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN.

Apakah peserta boleh melakukan survei datang langsung ke lokasi ujian sebelum hari pelaksanaan?

  • Jawaban:

Boleh, namun survei hanya dapat dilakukan hingga luar gedung lokasi ujian. Nanti akan ada daftar nama peserta, jadwal, dan detail ruangan lokasi ujian.

Barang apa saja yang harus dibawa saat UTBK?

  • Jawaban:

- Kartu peserta

- Kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar)

- Fotokopi ijazah yang dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani oleh kepala sekolah serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru atau Surat Keterangan kelas 12 dari kepala sekolah yang bersangkutan (asli) disertai dengan foto terbaru siswa ukuran 4x6 (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah

- Masker medis atau bedah dan handsanitizer dengan konsentrasi alkohol 70 persen.

- Perlengkapan ibadah pribadi

Apakah peserta harus menggunakan face shield dan sarung tangan?

  • Jawaban:

Peserta disarankan menggunakan face shield dan tidak perlu menggunakan sarung tangan. 

Apakah peserta boleh diantar?

  • Jawaban:

Boleh, namun tidak boleh berkerumun dan tetap menjaga protokol kesehatan. Nanti akan ada daftar nama peserta jadwal dan detail ruangan ujian yang ditempel di dekat pintu akses masuk gedung.

Bagaimana ketentuan pakaian untuk peserta?

  • Jawaban:

Pakaian bebas rapi dan sopan, tidak menggunakan kaos oblong dan tidak menggunakan sandal, harus sepatu tertutup. Peserta perempuan diperkenankan menggunakan rok (tidak boleh rok mini atau celana panjang.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/10/171740665/tanya-jawab-panduan-bagi-peserta-utbk-sbmptn-2021-unpad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke