Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Menu Sarapan Masyarakat Dunia, dari Croissant hingga Jus Ikan

Sarapan sangat dianjurkan oleh medis. Selama bertahun-tahun, para ahli gizi di seantero dunia selalu menekankan bahwa kualitas sarapan yang bagus adalah kunci mendapatkan hari yang sempurna.

Melansir dari WebMD, banyak sekali manfaat dari sarapan atau makan pagi.

Yang pertama, asupan karbohidrat akan memberikan bahan bakar untuk Anda beraktivitas sepanjang hari. Tanpa bahan bakar, sudah pasti tubuh tak akan bekerja optimal.

Selain itu, makan pagi juga bisa menjaga mood terus stabil, menjaga kestabilan gula darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Banyaknya manfaat dari sarapan, membuat ritual pagi ini dijalankan oleh hampir seluruh masyarakat dari berbagai penjuru dunia.

Tentu saja, masing-masing daerah memiliki ritual dan menu favorit sendiri-sendiri. Jika kita senang menyesap kopi sambil menyendok nasi goreng, beda lagi dengan masyarakat Eropa atau malah Afrika.

Berikut ini adalah beberapa ritual makan pagi unik yang ada di berbagai sudut dunia. 

1. Alaska: daging rusa kutub porsi besar

Di Alaska, sarapan bukan mengunyah sajian-sajian ringan seperti roti dan omelet. Namun mengonsumsi seporsi besar daging rusa kutub, telur mata sapi dan sekerat besar pancake.

Sarapan ala penduduk Alaska memang harus kaya protein dan dalam porsi besar. Mengingat mereka harus bertahan dalam cuaca dingin sepanjang waktu, sehingga membutuhkan banyak tabungan lemak di dalam tubuh.

2. Jepang: tofu tak pernah dilupakan

Mungkin, hari tak akan berjalan dengan baik jika masyarakat Jepang tak mengudap tahu khas Jepang, tofu, di awal hari.

3. Perancis: croissant dan kopi wangi 

Jenis pastry yang satu ini tak pernah hilang dari kepul dapur masyarakat Perancis. 

Untuk membuat croissant tak terbentur kata jenuh, masyarakat Perancis memodifikasi pastry ini dengan menambahkan beragam bahan penyedap seperti almond tumbuk, coklat, kismis, krim vanila dan masih banyak lagi.

Sebagai teman croissant? Masyarakat Perancis memadukannya dengan kopi pagi yang harum wangi.

4. Jerman: sosis, keju dan bread.

Melansir dari Daylimail, sosis Jerman terkenal karena kelezatannya. Tangan peracik sosis terbaik adalah tangan-tangan masyarakat Jerman.

Sosis ada hampir di seluruh hidangan makan, termasuk sarapan pagi. Sosis khas Jerman, akan selalu ditemani sepotong bread dan beberapa lapis keju yang gurih menggoda.

5. Irlandia: puding hitam yang melegenda

Irlandia memiliki menu favorit berupa puding hitam yang selalu ada di menu sarapan mereka. Puding ini berbeda dengan puding pada umumnya.

Puding hitam masyarakat Irlandia terbuat dari darah babi yang dicampur dengan oatmeal dan lemak.

Sebelum tersaji di piring, puding aneh ini bisa digoreng, dipanggang atau direbus dulu hingga matang.

6. Kenya: darah sapi segar untuk acara istimewa

Kenya mungkin adalah daerah yang memiliki menu makan pagi paling aneh di seluruh dunia.

Untuk menu sarapan pagi istimewa, mereka akan menenggak darah sapi segar. Namun menu ini tak dikonsumsi setiap hari. Ia hanya akan keluar jika ada acara besar seperti pesta  pernikahan.

Anehnya, darah sapi ini tak diperoleh dari penyembelihan hewan seperti biasanya. Mereka hanya mengambil darah secukupnya, layaknya mereka mengambil susu sapi dalam porsi yang sewajarnya. 

Hal ini lantaran di Kenya ada kepercayaan bahwa mereka dilahirkan ke dunia untuk menjaga binatang-binatang ciptaan Tuhan.

7. Peru: jus ikan untuk menutrisi tubuh

Peru juga memiliki menu sarapan unik yaitu ieche de tigre. Menu ini berupa segelas jus yang memiliki komposisi tak biasa, yaitu jus ikan, lemon, bawang putih, garam juga lada. 

Rasanya? Mungkin saja mirip sup. Bedanya, ieche de tigre tidak tersaji dalam mangkuk melainkan gelas kaca bening.

Menurut masyarakat Peru, sajian ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain memberikan nutrisi, juga bisa menyembuhkan hangover.

8. Inggris: menu lengkap english breakfast

Orang Inggris layaknya Amerika, memiliki porsi sarapan besar yang lengkap mulai dari sosis, kacang polong, bacon, telur, jamur, hash browns, dan roti panggang.

Komposisi standar ala english breakfast ini terkenal dimana-mana. Bahkan berbagai kafe dan restoran di Indonesia pun memiliki pilihan menu sarapan ala masyarakat Inggris ini.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/05/093000265/mengintip-menu-sarapan-masyarakat-dunia-dari-croissant-hingga-jus-ikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke