Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tips Meramu Minuman Hangat dan Dingin dari Buah Kurma

Kurma memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Seperti tersebut dalam Kompas.com (27/03/2021), kurma mengandung banyak karbohidrat, protein, vitamin, mineral, fiber, potasium, juga magnesium.

Antioksidan tinggi di dalam kurma, bisa digunakan untuk menangkal berbagai penyakit, meredakan radang, menyehatkan jantung, juga meminimalisir risiko terkena serangan jantung juga kanker.

Sedangkan serat tinggi yang ada dalam kurma, bisa bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan menstabilkan kadar gula dalam tubuh.

Cara mengonsumsi kurma

Kurma terdiri dari dua varian, yaitu kurma kering dan kurma basah. Kurma kering, seperti namanya, mengandung lebih sedikit kadar air dibanding kurma basah.

Di Indonesia, kurma biasa disuguhkan sebagai sajian takjil pembuka puasa. Kurma di sini bisa disajikan utuh sebagai kudapan, atau diolah menjadi puding hingga cake.

Ada pula, yang lebih memilih mengonsumsi kurma dalam bentuk minuman hangat maupun dingin.

Beberapa yang tak tahan manis legit kurma yang terlalu kentara, memilih cara terakhir ini. Yaitu meracik kurma ke dalam gelas-gelas ataupun cangkir minuman.

Tips mengolah kurma jadi minuman

Kurma bisa diolah menjadi minuman dingin seperti jus dan milkshake, atau minuman hangat seperti wedang.

Berikut ini adalah tips mengolah kurma jadi sajian minuman:

1. Gunakan kurma basah

Untuk mengolah minuman dari sari kurma asli, gunakan kurma segar yang berbentuk basah.

"Kurma basah lebih manis dan lebih gampang dihaluskan. Sedangkan kurma kering bercitarasa kurang manis dan susah dilembutkan menggunakan blender," begitu ujar Alfian Saktyawan, FB Captain éL Hotel Royale Yogyakarta kepada Kompas.com, Jumat (02/04/2021) sore.  

2. Pisahkan dari kulit kasarnya

Untuk membuat milkshake kurma, pisahkan daging kurma dengan bijinya. Kupas pula kulit terluar kurma yang sedikit keras.

Karena ketika dihaluskan menggunakan blender, kulit tersebut tak akan halus sempurna.

3. Tak perlu ditambah gula 

Kemudian campurkan kurma dengan fresh milk dan blender hingga halus. Tak perlu ditambah gula lagi karena sari kurma sudah mengandung banyak kadar gula. 

Jika minuman dirasa kurang manis, Anda bisa menambahkan brown sugar khusus untuk sajian hangat dan simple sirup khusus untuk sajian dingin.

4. Padukan dengan berbagai rempah

Untuk membuat minuman hangat, padukan saja buah kurma dengan berbagai rempah seperti jahe, kapulaga, sereh, daun pandan, cengkih juga kayu manis.

Caranya, rebus dulu rempah, sisihkan. Kemudian blender buah kurma, dan campurkan dengan air rebusan rempah yang sudah disaring. Tambahkan fresh milk sesuai selera.   

6. Manfaatkan kurma kering untuk topping

Menurut Alfian, kurma basah memang cocok diolah menjadi berbagai sajian minuman. Sedangkan kurma kering, lebih cocok digunakan sebagai topping. Baik topping minuman atau topping puding juga cake.

Caranya, iris kurma kecil-kecil, kemudian taburkan ke dalam sajian yang siap saji.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/02/200000165/catat-tips-meramu-minuman-hangat-dan-dingin-dari-buah-kurma

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke