Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] Informasi Ada Buaya di Way Rilau, Tanggamus, Lampung

KOMPAS.com - Tersiar informasi seekor buaya muncul di muara Way Rilau, Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Lampung, baru-baru ini.

Narasi itu tidak benar.

Humas Polres Tanggamus menegaskan informasi adanya buaya di muara Way Rilau, Cukuh Balak, hoaks.

Hal itu dipastikan setelah Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus dan Tagana memeriksa lokasi dan meminta keterangan warga sekitar.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Ma'arif Yunus pada Selasa (24/11/2020) mengedarkan tautan video YouTube yang menampilkan seekor buaya tengah berenang di sebuah perairan.

Channel Youtube yang ditautkan memuat keterangan bahwa video itu menampilkan buaya muara di Muara Way Khilau, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus.

"Saksi mata menyebutkan kemunculan buaya tersebut pada hari Minggu tanggal 22 November 2020," tulis channel itu.

Hingga Jumat (27/11/2020), video itu sudah ditonton 217 kali.

Akun Facebook Danang Kusnadi juga menginformasikan hal serupa, soal kemunculan buaya di Muara Way Khilau. Dia memberi tautan video di YouTube yang menayangkan gambar yang sama dengan akun Ma'arif Yunus.

Dalam statusnya 4 hari lalu, Dadang Kusnadi menulis:

"Kemunculan Buaya Muara Terekam Kamera Warga di Muara Way Khilau Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus Lampung."

Bantahan Kepolisian 

Humas Polres Tanggamus menegaskan informasi adanya buaya di Muara Way Khilau yang beredar di media sosial tidak benar.

"Beredarnya posting adanya buaya besar berenang di muara sungai Pekon Way Rilau Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus merupakan informasi palsu atau hoaks," tulis akun Instagram Humas Polres Tanggamus, Kamis (26/11/2020).

Hal itu dipastikan setelah Polsek Cukuh Balak Polres Tanggamus bersama Tagana memeriksa lokasi dan meminta keterangan warga sekitar.

Dari hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa tidak ada penampakan buaya seperti yang beredar di media sosial.

Selain itu, berdasarkan penelusuran video yang beredar itu ditemukan video serupa di YouTube yang menjelaskan bahwa buaya dalam video tersebut merupakan buaya di Teluk Belengkongn, Indragiri Hulu, Riau.

Tim Cybertroops Polres Tanggamus juga menemukan video serupa dengan penjelasan bahwa buaya tersebut berenang di Sampit, Kalimantan.

Humas Polres Tanggamus menambahkan, juga ditemukan video yang sama di channel Kompas TV dengan keterangan lokasi buaya di Teluk Belengkonng, Indragiri Hulu, Riau.

"Bersama Tagana, kami telah memeriksa aliran sungai Pekon Way Rilau, meminta keterangan warga untuk memastikan apakah benar informasi tersebut. Namun, warga sama sekali tidak melihat adanya buaya seperti video tersebut," kata Ipda Eko Sujarwo mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya lewat akun Instagram.

Warga yang sudah mengedarkan narasi tersebut diharapkan memberi klarifikasi bahwa video tersebut bukan di sungai Pekon Way Rilau.

Kepolisian juga tetap mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika beraktivitas di perairan yang diperkirakan terdapat buaya.

"Tetap berhati-hati saat beraktifitas di perairan sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan."

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi kemunculan seekor buaya di muara Way Rilau, Cukuh Balak, Tanggamus, Lampung, baru-baru ini tidak benar.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/27/183100365/-hoaks-informasi-ada-buaya-di-way-rilau-tanggamus-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke