Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penularan Covid-19 dalam Keluarga Disebutkan Terjadi dengan Cepat, Ini Penjelasannya...

KOMPAS.com - Penyebaran Covid-19 di dalam keluarga setelah satu anggota keluarga terinfeksi "umum" terjadi. 

Temuan tersebut merupakan hasil dari sebuah studi baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Melansir CNN, Jumat (30/10/2020), orang yang terpapar atau diduga terinfeksi Covid-19 harus diisolasi sebelum dites dan sebelum hasil tes keluar untuk melindungi anggota keluarga lain di dalam rumah.

Selain itu, seluruh anggota keluarga harus menggunakan masker sepanjang waktu di ruang-ruang bersama.

Infeksi terjadi dalam beberapa hari

Studi dari CDC ini dilakukan dengan mengikuti 101 orang yang awalnya terinfeksi Covid-19 di Nashville, Tennessee, dan Marshfield, Wisconsin, antara April dan September 2020.

Bersama dengan 191 orang yang tinggal di rumah tangga mereka, orang yang terinfeksi dilatih untuk dapat mengambil sampelnya sendiri setiap harinya selama 14 hari.

Selain itu, setiap orang tersebut harus mengisi buku dengan catatan harian gejala yang ditunjukkan.

Hasil studi menunjukkan bahwa penularan berlangsung cepat. Pasalnya, lebih dari separuh orang (53 persen) orang yang tinggal dengan pasien Covid-19 terinfeksi dalam waktu satu minggu.

Paparan ini terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Adapun tingkat infeksi Covid-19 pada rumah tangga (53 persen) juga disebut lebih tinggi dari tingkat infeksi lain biasanya, yaitu hanya 20-40 persen. 

"Temuan penting dalam studi ini adalah bahwa kurang dari setengah anggota rumah tangga yang terinfeksi melaporkan gejala saat infeksi pertama kali terdeteksi," tulis hasil studi.

Banyak dari anggota keluarga terpapar yang tidak melaporkan munculnya gejala selama 7 hari.

Kondisi ini menjadi alasan yang disorot tentang kontak sekunder tanpa gejala dan pentingnya karantina.

Langkah pencegahan

Di Indonesia sendiri, klaster keluarga juga telah menjadi perhatian.

Klaster keluarga menunjukkan bahwa Covid-19 sudah merambah ke unit terkecil dalam masyarakat.

Ditambah dengan kebutuhan anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti bekerja di luar rumah, maka kewaspadaan dan pengetahuan pencegahan penularan mutlak dibutuhkan. 


Juru Bicara Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret, Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika merasa diri sendiri bergejala, atau dinyatakan positif Covid-19.

Tonang menyebutkan, hal pertama yang harus segera dilakukan adalah isolasi mandiri sesuai dengan pedoman dari Kementerian Kesehatan yang dapat secara lengkap diunduh di sini.

"Kemudian, beritahukan ke Puskesmas atau Dinkes setempat, serta beri daftar orang-orang yang kontak erat sejak 2 hari sebelum timbul gejala atau diambil swab yang memberi hasil positif," kata Tonang seperti dikutip Kompas.com, 7 September 2020.

Tonang mengatakan, bila gejala yang dirasakan bertambah, maka segera hubungi rumah sakit untuk mendapat perawatan yang lebih memadai. Hal tersebut juga dilakukan bila ada anggota keluarga yang bergejala, atau dinyatakan positif Covid-19.

"Anggota keluarga yang sehat, mengambil peran kontak dan komunikasi ke pihak terkait. Kemudian, mengawasi berjalannya isolasi mandiri anggota keluarga yang sakit," ujar Tonang.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/01/192500165/penularan-covid-19-dalam-keluarga-disebutkan-terjadi-dengan-cepat-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke