Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adakah Batasan Aman Konsumsi Minuman Probiotik? Ini Penjelasan Dokter

"Bakteri baik langsung pesta di usus," tulis akun yang membagikan video itu. 

Dalam video berdurasi 18 detik ini, terlihat pria tersebut menenggak satu per satu botol minuman probiotik hingga perutnya membesar.

Apakah mengonsumsi minuman probiotik secara berlebihan akan berdampak bagi tubuh?

Adakah batasan amannya?

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi, mengungkapkan, tidak ada masalah atau dampak yang terjadi pada seseorang yang meminum minuman probiotik sekaligus dalam jumlah banyak.

"Selama tidak ada penyakit yang ada di saluran cerna, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak ada efek sampingnya," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Ia menjelaskan, minuman probiotik mengandung mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lainnya.

"Probiotik dapat bertambah banyak karena dapat berkembang biak dengan pola hidup yang sehat. Probiotik juga dapat berkurang jumlahnya ketika kita melakukan buang air besar," lanjut dia.

Meski diperbolehkan mengonsumsi minuman probiotik dalam jumlah banyak, yang perlu dipertimbangkan adalah kadar gula dalam minuman tersebut.

Kelebihan gula ini bisa menyebabkan kelebihan kalori.

Sesuai petunjuk kemasan

Bagaimana batas amannya?

Inge mengatakan, sebaiknya mengikuti anjuran yang ada pada kemasan.

"Di setiap produk, ada jumlah mikroba dan penelitian yang menentukan jenis probiotik A, harus diminum berapa banyak untuk mendapatkan kesehatan optimal," ujar Inge.

Ia juga menyarankan agar mengonsumsi minuman probiotik secara rutin. Jika saluran cerna seseorang baik, maka secara keseluruhan akan berdampak baik juga pada kesehatan tubuh.

Untuk cegah inflamasi

Sementara itu, ahli gizi dari Departemen Kesehatan FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), DR Toto Soedargo mengatakan, meminum minuman probiotik memang sangat baik untuk tubuh.

Namun, jika konsumsi tidak sesuai anjuran, maka dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

"Probiotik itu sangat bagus untuk tubuh terutama membantu penyerapan mineral-mineral penting bagi pertumbuhan yang berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan bagi saluran cerna, karena mencegah terjadinya inflamasi," ujar Toto saat dihubungi secara terpisah, Sabtu (17/10/2020).

Ia menjelaskan, untuk konsumsi harian, sebaiknya mengonsumsi minuman probiotik dengan melihat jumlah bakteri yang ada di produk tersebut.

"Untuk orang dewasa membutuhkan 5-20 miliar CFU per harinya. Karena, kalau berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan dan tentunya tidak baik untuk kesehatan," kata Toto.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/17/202200765/adakah-batasan-aman-konsumsi-minuman-probiotik-ini-penjelasan-dokter

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke