Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara dan Syarat Daftar Ulang SBMPTN 2020 di USU dan UPI

KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 sudah bisa dilihat di laman resmi LTMPT sejak Jumat (14/8/2020) pukul 15.00 WIB.

Adapun, jumlah peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 pada 85 PTN di Indonesia adalah sebanyak 167.653 orang.

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi dari pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020 yang tecatat ada sebanyak 702.420 orang.

Rinciannya, terdiri atas pendaftar non-Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 546.370 orang dan pendaftar pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah sebanyak 156.050 orang.

Peserta SBMPTN 2019 yang lolos sebagai calon mahasiswa baru, diwajibkan untuk melakukan registrasi atau daftar ulang.

Berikut tata cara melakukan daftar ulang Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI):

Universitas Sumatera Utara (USU)

A. Pengisian Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Pengisian data dan Pembayaran UKT dilakukan pada:

Catatan:

  • Calon mahasiswa baru USU diwaiibkan mengunduh (download) file Formulir Data Perhitungan Nilai UKT Mahasiswa Angkatan Tahun 2020 Jalur SBMPTN (FORM-01 dan FORM-02) dari situs resmi Universitas Sumatera Utara http://uktdatares.usu.ac.id menggunakan fasilitas akses intemet. Formulir data perhitungan tersebut dicetak (print) pada kertas A4.
  • FORM-01 dan FORIM-02 diisi sesuai data mahasiswa, orang tua atau pihak lain yang membiayai kuliah mahasiswa bersangkutan. Sebelum dilakukan pengisian data, baca dengan cermat petunjuk pengisian FORM-01 dan FORM-02 terlebih dahulu. UKT yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Perhatian:

  1. Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah disetor Tidak dapat ditarik Kembali
  2. Calon mahasiswa yang diterima melalui Jalur SBMPTN Tahun 2020 yang Terlambat melakukan Pelaooran sesuai dengan Jadwal yang telah ditentukan, maka Keluulusannya dapat dibatalkan.

B. Registrasi Online dan Pengisian Kartu Rencana Studi 

  • Registrasi dan Submit Berkas dilakukan secara online pada web http://praregistrasi.usu.ac.id pada tanggal: 2-9 September 2020.
  • Berkas yang akan diupload pada saat Registrasi online antara lain sebagai berikut:
    • Surat pemyataan mengenai buta wama yang ditanda tangani oleh orang tua dan calon mahasiswa baru serta ditempel Materai Rp 6000. (Surat pernyataan dapat diunduh sebelum pendaftaran ulang mahasiswa baru di website http://praregistrasi.usu.ac.id);
    • Pas Foto latar belakang putih;
    • Kartu Peserta SNMPTN asli Tahun 2020;
    • Surat Pernyataan P4 dan P5 asli yang telah diisi dengan lengkap dan benar, ditempel materai Rp 6000, dan telah ditandatangani (formulir P4 dan P5 dapat diunduh sebelum pendaftaran ulang mahasiswa baru di website http:/ipraregistrasi.usu.ac.id);
    • Fotokopi ljazah atau SHUN tahun 2020 atau SKHU Sementara ditempel pas foto yang bersangkutan dan dilegalisir oleh Kepala Sekolah (satu rangkap). Cap sekolah,/Kepala Sekolah diletakkan pada Pas Foto Siswa;
    • Fotokopi Kartu Kuliah Pintar (KIP) bagi calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah;
    • Kartu Keluarga;
    • KTP atau Kartu Tanda Siswa.
  • Pencetakan Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS). Calon mahasiswa baru yang telah selesai melakukan registrasi dan submit berkas akan mendapatkan KTMS yang dapat di download dari http://praregistrasi.usu.ac.id pada Tanggal : 14-17 September 2020.
  • Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Mahasiswa yang telah mendapatkan KTMS akan melakukan pengisian KRS secara online di website http://portal.usu.ac.id dengan menggunakan akun Portal Akademik yang tertera pada KTMS pada Tanggal: 15-22 September 2020. (sebelum mahasiswa melakukan pengisian KRS, mahasiswa diwajibkan terlebih dahulu mengikuti video tutorial pengisian KRS secara online)
  • Tutorial Perkuliahan secara Online. mahasiswa yang telah melakukan pengisian KRS selanjutnya akan mengikuti Tutorial perkuliahan secara online pada Tanggal :23-24 September 2020.
  • Perkulihan secara daring dimulai pada Tanggal : 30 September 2020, sebelum mahasiswa mengikuti perkulihan sacara daring, mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan informasi mengenai jadwal kelas serta link video conference di dalam portal akademik.
  • Pemeriksaan Kesehatan akan diumumkan lebih lanjut.

Informasi selengkapnya, dapat dilihat di sini.

  • Informasi tambahan:
    • Layanan registrasi akademik (Pengisian Isian Rencana Studi) hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang telah melaksanakan registrasi administrasi (Pengisian Biodata, Unggahan Surat Pernyataan dan Pembayaran Biaya Pendidikan) sesuai ketentuan
    • Tidak ada layanan di luar jadwal yang telah ditentukan, dan
    • Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Hot Line/Call Centre Unit Layanan Terpadu UPI pada nomor 08112096229.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/15/084500565/cara-dan-syarat-daftar-ulang-sbmptn-2020-di-usu-dan-upi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke