Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Uppercut dalam Tinju?

Kompas.com - 04/03/2022, 13:00 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Tinju merupakan salah satu jenis olahraga tarung yang sangat populer di dunia karena menyajikan seni-seni indah dalam memukul dan menghindar.

Dikutip dari buku Dr. Olahraga Menjelaskan Jenis Olahraga Olimpiade oleh Reza Pahlevi, cabang olahraga tinju adalah seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian laga berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Di dalam pertandingan tinju, kedua petarung atau disebut petinju akan berusaha menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Pukulan super keras adalah yang paling dibutuhkan petinju untuk memenangi sebuah pertarungan di dalam ring.

Baca juga: Cerita Cristiano Ronaldo Pernah Coba Jajal Tinju dan Manfaatnya

Selama bertahun-tahun berlangsungnya dunia olahraga tinju, sudah ada banyak pukulan yang tidak bisa dilupakan. Salah satu teknik pukulan dalam tinju adalah uppercut.

Apa yang dimaksud dengan uppercut?

Dikutip dari Mighty Fighter, uppercut adalah pukulan yang dilemparkan dari pinggang ke atas yang ditujukan di bawah dagu lawan.

Ketika melakukan teknik uppercut, seorang petinju akan mengambil ancang-ancang dengan menekuk lutut dan mengarahkan pukulan dari bawah menuju area sekitar dagu lawan.

Tujuan dari pukulan jenis uppercut adalah sedikit mengangkat tubuh lawan ketika mengenai bagian bawah wajah, sehingga kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke kanvas.

Jenis pukulan uppercut ini bisa membuat lawan KO (knockout).

Baca juga: Rahasia Mike Tyson Bikin Lawan Tumbang dengan Sekali Pukul

Adapun legenda tinju asal Amerika Serikat, Mike Tyson, merupakan salah satu petinju yang terkenal dengan kekuatan pukulan yang mengerikan.

Salah satu teknik andalan yang bikin lawan tak berdaya adalah uppercut kanannya yang bisa membuat lawannya langsung tersungkur di kanvas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com