Rahasia Mike Tyson Bikin Lawan Tumbang dengan Sekali Pukul

Kompas.com - 26/05/2020, 14:40 WIB
Mike Tyson menang secara TKO atas Trevor Berbick pada 1986 dalam duel tinju kelas berat. AFP/CARLOS SCHIEBECKMike Tyson menang secara TKO atas Trevor Berbick pada 1986 dalam duel tinju kelas berat.

KOMPAS.com - Legenda tinju asal Amerika Serikat, Michael Gerard Tyson atau akrab disapa Mike Tyson, masih merupakan satu dari sejumlah besar petinju terhebat sepanjang sejarah olahraga adu jotos di atas ring tinju.

Bahkan, petinju berjuluk Iron Mike itu terkenal dengan pukulannya yang mematikan bagi lawan-lawannya saat masih aktif berkarier di ring tinju.

Kemampuan Tyson untuk menaklukkan lawan tidak muncul begitu saja.

Semasa remaja, Tyson mengasah bakatnya di bawah arahan Cus D'Amato, pelatih tinju kawakan yang dikenalnya semasa di penjara dan kemudian menjadi ayah angkatnya.

Selain teknik bertahan "peek-a-boo" (cilukba), D'Amato juga mengajari Tyson sebuah jurus pamungkas untuk membuat lawan tak berdaya.

Baca juga: Terungkap Rahasia Pukulan Mematikan Mike Tyson

Hal itulah yang diungkapkan pelatih tinju sekaligus murid D'Amato, Teddy Atlas.

Dalam sebuah wawancara virtual dengan ESPN, Teddy Atlas yang pernah melatih Mike Tyson mengungkap rahasia pukulan Tyson yang bisa bikin lawannya tumbang dengan sekali pukul.

Teddy Atlas menyebut bahwa Tyson selalu diajarkan oleh D'Amato untuk menempatkan pukulan ke area vital yang membuat lawan tak berdaya.

"Pertama-tama Anda harus paham anatomi KO," kata Teddy Atlas melansir BolaSport.com dari ESPN.

"Anda tahu, titik itu ada di belakang telinga, di bagian pelipis, ada bermacam-macam titik yang terbuka dengan pukulan ke arah badan," ujarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X