Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Diizinkan Berkibar Lagi, Komisi X DPR Apresiasi Menpora dan Tim Satgas

Kompas.com - 18/01/2022, 21:40 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber Kemenpora

KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Elnino M Husein Mohi, menyambut baik keputusan WADA (Badan Anti-Doping Dunia) yang mengizinkan bendera Merah Putih berkibar lagi di ajang olahraga internasional mulai Februari 2022.

Adanya izin pengibaran bendera Merah Putih dan dibolehkan Indonesia menjadi tuan rumah event-event internasional tak terlepas dari upaya Menpora Zainudin Amali.

Menpora secara cepat membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, setelah sanksi itu dijatuhkan terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) Oktober 2021 lalu.

"Menteri Zainudin Amali sangat profesional ditugaskan di bidang apa pun," kata Elnino dilansir dari situs Kemenpora, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Update Pembebasan Sanksi WADA: Bendera Merah Putih Akan Segera Berkibar Lagi

"Pengalamannya di politik dari level bawah sampai jadi elite nasional adalah modal utamanya untuk menyelesaikan persoalan-persolan sulit," tuturnya.

Elnino juga memberi pujian terhadap kinerja Tim Satgas yang dipimpin Raja Sapta Oktohari, LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia), dan Kemenpora yang dinilai telah bekerja cepat sehingga masalah sanksi WADA ini dapat segera terselesaikan.

"Orang-orang yang mengurus masalah WADA ini bersama Menpora adalah orang-orang yang tepat dan penuh kompetensi," ucap Elnino menambahkan.

"Misalnya Ketua IOC (KOI) yang rajin dan rela mengurus ini walaupun kadang harus merogoh duit pribadinya sendiri. Juga kawan-kawan lain di Kemenpora," ungikapnya.

Baca juga: Sanksi WADA Berakhir Bulan Depan, FIBA Asia Cup 2022 Pasti Lebih Sakral

Dengan adanya titik terang terkait sanksi WADA tersebut, Elnino memberikan apresiasi kepada Menpora Amali dan jajarannya. 

Dia pun memastikan sebagai legislator akan terus membantu dan mengawal jalannya pemerintahan khususnya Kemenpora sebagai mitra kerja Komisi X DPR.

"Saya sebagai anggota Komisi X tentu sangat menghargai dan bertepuk tangan untuk Menpora dan jajarannya," imbuh politisi asal Gorontalo itu.

"Insya Allah saya akan membantu Menpora dengan kritik-kritik yang membangun dan produktif. Kita mesti berterimakasih kepada Menpora Zainudin Amali," pungkasnya.

Baca juga: Merah Putih Diizinkan Berkibar di Piala Asia Wanita 2022?

WADA pada tanggal 7 Oktober 2021 menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena LADI dinilai melanggar beberapa peraturan WADA. 

Akibatnya, Indonesia tidak diizinkan menggelar ajang Internasional dan mengibarkan Bendera Merah Putih di event olahraga dunia.

Sanksi tersebut durasinya selama satu tahun atau hingga Oktober 2022. 

Halaman:
Sumber Kemenpora
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com