Kompas.com - 02/12/2021, 18:55 WIB
Petenis China Peng Shuai melambai setelah kalah dari Kanada Eugenie Bouchard dalam pertandingan babak pertama kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Selasa, 15 Januari 2019. AP PHOTO/MARK SCHIEFELBEINPetenis China Peng Shuai melambai setelah kalah dari Kanada Eugenie Bouchard dalam pertandingan babak pertama kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Selasa, 15 Januari 2019.

NEW YORK, KOMPAS.com - Asosiasi Tenis Wanita (WTA) menyebut bahwa China punya komitmen pada perkembangan tenis.

Ketua Eksekutif WTA Steve Simon menyebut pihaknya melakukan ekspansi ke China sebelum turnamen tenis Olimpiade Beijing 2008.

Baca juga: Pentingkan Keamanan Atlet, WTA Tangguhkan Turnamen di China

"Minat masyarakat lokal terhadap tenis terdorong oleh atlet China, Li Na," kata Steve Simon.

Zhang Gaoli saat menjabat sebagai wakil perdana menteri China, dalam pertemuan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 16 Maret 2016. Petenis China Peng Shuai menuduh Zhang Gaoli pernah memaksanya berhubungan seks ketika menjalin hubungan putus-nyambung.AP PHOTO/NG HAN GUAN Zhang Gaoli saat menjabat sebagai wakil perdana menteri China, dalam pertemuan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 16 Maret 2016. Petenis China Peng Shuai menuduh Zhang Gaoli pernah memaksanya berhubungan seks ketika menjalin hubungan putus-nyambung.

Pada 2011, Li Na adalah atlet putri China yang memenangi French Open 2011.

Pada 2008, China menjadi tuan rumah untuk dua acara WTA.

Pada 2019, China menjadi tuan rumah untuk sembilan turnamen WTA.

Petenis asal Inggris, Emma Raducanu, mengangkat trofi juara US Open 2021 usai mengalahkan petenis asal Kanada, Leylah Fernandez, dengan skor 6-4 dan 6-3 pada pertandingan final yang digelar di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York City, Sabtu (11/9/2021) waktu setempat. (Foto oleh AL BELLO/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Getty Images via AFP).Getty Images via AFP/AL BELLO Petenis asal Inggris, Emma Raducanu, mengangkat trofi juara US Open 2021 usai mengalahkan petenis asal Kanada, Leylah Fernandez, dengan skor 6-4 dan 6-3 pada pertandingan final yang digelar di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York City, Sabtu (11/9/2021) waktu setempat. (Foto oleh AL BELLO/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Getty Images via AFP).

Per 2018, Kota Shenzen mengikat kontrak 10 tahun menjadi tuan rumah final tur WTA akhir musim.

Pada perhelatan itu, hadiah uang mencapai 14 juta dollar AS per tahun.

Mulai 2017, WTA meneken kerja sama dengan platform streaming Qiyi sebagai mitra hak siaran digital selama 10 tahun.

Petenis China Peng Shuai melakukan pukulan forehand kepada Nao Hibino Jepang pada pertandingan tunggal putaran pertama kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Selasa, 21 Januari 2020.AP PHOTO/ANDY BROWNBILL Petenis China Peng Shuai melakukan pukulan forehand kepada Nao Hibino Jepang pada pertandingan tunggal putaran pertama kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Selasa, 21 Januari 2020.

Nilai kontraknya mencapai 120 juta dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.