Kompas.com - 23/09/2021, 15:20 WIB
Perlengkapan permainan softball shutterstock.comPerlengkapan permainan softball

KOMPAS.com - Softball merupakan salah satu jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Dalam olahraga softball, terdapat beberapa aktivitas gerak seperti berlari, memukul bola, melempar bola, menangkap bola, dan meluncur.

Softball termasuk permainan beregu yang dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul. Softball dimainkan secara beregu di mana masing-masing regu terdiri dari sembilan orang.

Adapun, satuan lamanya permainan softball disebut inning. Softball dimainkan dalam 7 (tujuh) inning.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Home Run dalam Softball?

Meski sekilas terlihat sama, softball berbeda dengan baseball.

Perbedaan antara softball dan baseball meliputi ukuran dan berat bola, ukuran lapangan, alat pemukul atau bat, serta durasi pertandingan.

Selain itu, sarung tangan atau glove dalam olahraga softball juga berbeda dengan baseball.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaan sarung tangan softball dengan baseball

Sarung tangan atau glove adalah salah satu peralatan dalam olahraga softball. Masing-masing pemain dalam permainan softball diizinkan untuk mengenakan sarung tangan ketika bertugas sebagai tim bertahan.

Khusus untuk posisi catcher dan first baseman, diperbolehkan menggunakan sarung tangan penangkap bola dengan rancangan khusus.

Ilustrasi cara bermain softballshutterstock.com Ilustrasi cara bermain softball

Baca juga: Mengenal Teknik Four Finger Grip dalam Softball

Lantas mengapa dalam permainan softball harus menggunakan glove?

Pemain softball harus menggunakan glove atau sarung tangan karena bola softball sangat keras. Glove berfungsi sebagai pelindung. Jika tidak menggunakan glove, pemain softball bisa mengalami cedera.

Dilansir dari situs web Justballgloves.com dan dan Gethypedsports.com, berikut ini adalah perbedaan antara glove softball dan glove baseball.

  1. Ukuran glove softball lebih besar dari glove baseball. Perbedaan tersebut menyesuaikan ukuran bola yaitu 12 inci untuk bola softball dan 9 inci untuk bola baseball.
  2. Sarung tangan softball memiliki ukuran jaring yang lebih besar daripada sarung tangan baseball. Selain itu, jaring sarung tangan softball juga akan masuk lebih dalam ke saku daripada sarung tangan baseball.
  3. Dalam olahraga softball, glove untuk catcher atau penangkap bola berukuran lebih besar dari glove untuk pemain posisi lain. Sarung tangan catcher dalam softball berukuran 33 hingga 35 inci, sedangkan di baseball ukurannya lebih kecil yaitu 32 hingga 34,5 inci.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.