Mengapa Bola Sentuhan Kedua dalam Voli Harus Diberikan ke Tosser?

Kompas.com - 27/07/2021, 17:00 WIB
Aksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).
INASGOCAksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).

KOMPAS.com - Permainan bola voli dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain yang mempunyai tujuan mencetak angka sebanyak mungkin untuk dapat keluar sebagai pemenang dalam pertandingan.

Cara sebuah tim mencetak angka dalam permainan bola voli adalah dengan menempatkan bola di lapangan permainan lawan, tanpa mampu dikembalikan melintasi net.

Upaya mencetak angka dalam permainan bola voli disebut sebagai serangan, yang dapat diperoleh melalui siasat tertentu oleh masing-masing tim.

Suatu siasat yang dilakukan oleh satu tim bola voli sebelum pertandingan dimulai, untuk memperoleh kemenangan secara sportif disebut taktik.

Dalam sebuah tim, jalannya taktik permainan bergantung pada kerjasama di antara anggota baik ketika menyerang maupun bertahan.

Karena, setiap tim dalam permainan bola voli hanya mempunyai giliran menyentuh bola sebanyak tiga kali di wilayahnya sendiri sebelum melepaskan serangan ke arah lawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tugas Tosser atau Set-upper dalam Bola Voli

Biasanya sentuhan bola kali kedua ketika permainan berjalan, diberikan kepada seorang tosser atau set-upper dalam sebuah tim bola voli.

Lantas, mengapa bola sentuhan kedua dalam permainan voli harus diberikan kepada tosser dari sebuah tim?

Berhasil atau tidaknya suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada umpan seorang tosser dan pukulan smash yang dilakukan penyerang.

Tahapan mengumpankan bola pada penyerang dalam permainan bola voli merupakan tugas utama dari tosser atau set-upper dalam sebuah tim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.