Kompas.com - 30/03/2021, 09:20 WIB
Tim bola voli putri Jakarta Pertamina Energi sedang berlatih jelang final four putaran kedua Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, Solo, Kamis (5/4/2018).
GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COMTim bola voli putri Jakarta Pertamina Energi sedang berlatih jelang final four putaran kedua Proliga 2018 di GOR Sritex Arena, Solo, Kamis (5/4/2018).

KOMPAS.com - Permainan bola voli memiliki peraturan yang terbatas. Setiap regu dalam permainan bola voli hanya boleh menyentuh bola paling banyak tiga kali.

Biasanya sentuhan pertama akan diterima oleh penerima smash atau servis lawan dan diarahkan kepada tosser untuk sentuhan kedua.

Tosser tak boleh melakukan kesalahan agar operan terakhirnya dalam membangun serangan agar tidak sia-sia.

Lantas apa pengertian posisi tosser atau set-upper dalam permainan bola voli dan bagaimana tugasnya?

Baca juga: Tugas Libero dalam Bola Voli

Pengertian Tosser dalam Bola Voli

Posisi sebagai seorang set-upper, disebut juga sebagai tosser atau setter, memiliki peran penting dalam alur serangan sebuah tim dalam permainan bola voli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berhasil atau tidaknya suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada umpan dari seorang tosser atau setter.

Seperti dilansir dari laman LiveAbout, seorang setter biasanya menempatkan diri pada garis depan wilayah permainan untuk mengumpan kepada seorang spiker untuk melakukan smash.

Pada permainan bola voli terdapat beberapa pemain beserta tugasnya masing-masing, pemain yang bertugas hanya untuk memberikan bola pertama kepada pemain lain adalah tosser.

Oleh sebab itu biasanya seorang tosser atau setter harus memiliki kemampuan teknis berupa kepandaian mengoper bola, maupun kelebihan berupa komunikasi serta pengambilan keputusan secara cepat.

Baca juga: Peralatan dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Peran Tosser dalam Permainan Bola Voli

Tugas seorang tosser (setter atau set-upper) dalam permainan bola voli adalah memberikan umpan matang kepada seorang spiker atau smasher di garis depan lapangan.

Halaman:


Sumber LiveAbout
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.