Kompas.com - 27/07/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi cara pakai Kinesio Tape (Tangkapan Layar kanal You Tube Global Cycling Network)Ilustrasi cara pakai Kinesio Tape

KOMPAS.com - Kinesiology tape atau kinesio tape kini menjadi alat yang kerap dijumpai di dunia olahraga termasuk pada ajang Olimpiade. Lantas apa itu kinesio tape dan apa manfaatnya bagi atlet?

Pada Olimpiade London 2012 lalu, atlet voli pantai putri Jerman yaitu Katrin Holtwick menarik perhatian publik dengan plester berwarna biru yang menempel di perutnya.

Holtwick mengatakan, plester yang menempel di perutnya itu bukan untuk tujuan fashion.

Holtwick kemudian menjelaskan bahwa ia memakai plester tersebut untuk mengurangi rasa sakit dan agar bisa bermain lebih baik.

Dalam dunia medis, benda yang digunakan oleh Katrin Holtwick itu dikenal dengan nama kinesiology tape atau kinesio tape.

Baca juga: Mengapa Jersei Tim Sepak Bola di Olimpiade Berbeda dari Laga Resmi FIFA?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu kinesio tape?

Dilansir dari Physio-pedia.com, kinesio tape yang memiliki bentuk seperti koyo adalah alat terapi yang kini semakin populer di dunia olahraga.

Kinesio tape telah digunakan dalam waktu yang lama untuk pencegahan dan pengobatan cedera dalam olahraga.

Namun, kinesio tape tidak hanya digunakan untuk cedera olahraga saja. Alat ini juga digunakan untuk berbagai kondisi cedera lainnya.

Kinesio tape dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase yang merupakan ahli medis dalam pengobatan gangguan pada tulang, saraf, otot, dan ligamen.

Kenzo Kase mengembangkan kinesio tape pada 1970-an dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan pada jaringan lunak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.