Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Jersei Tim Sepak Bola di Olimpiade Berbeda dari Laga Resmi FIFA?

Kompas.com - 21/07/2021, 17:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Goal

KOMPAS.com - Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020. Sebanyak 16 tim putra dan 12 tim putri ambil bagian pada cabor sepak bola Olimpiade edisi kali ini.

Salah satu hal menarik dari sepak bola Olimpiade adalah jersei atau seragam tanding yang dikenakan oleh masing-masing tim.

Jika diperhatikan, ada perbedaan di jersei yang dikenakan oleh tim sepak bola pada Olimpiade dengan seragam tanding yang dipakai pada pertandingan resmi FIFA.

Di jersei timnas sepak bola Olimpiade, yang terpajang di bagian depan bukanlah logo federasi sepak bola, melainkan logo Komite Olimpiade Nasional atau National Olympic Committee (NOC) negara yang bersangkutan.

Baca juga: Lionel Messi dan Kenangan Manis Medali Emas Olimpiade

Tim sepak bola Jerman dan Perancis menjadi contoh tim yang memasang logo NOC masing-masing negara.

Sementara itu, beberapa tim lain semisal Spanyol, Jepang, dan Brasil memasang bendera di jersei mereka.

Lantas mengapa jersei tim sepak bola pada Olimpiade berbeda dari jersei yang digunakan dalam pertandingan resmi FIFA?

Wakil Presiden Nike untuk Afrika, Tina Salminen, menjelaskan bahwa penggunaan logo NOC di jersei tim sepak bola Olimpiade sesuai dengan aturan Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC).

Baca juga: Kiprah Timnas Indonesia di Olimpiade, Ketika Pasukan Garuda Merepotkan Uni Soviet

Penyerang Tim wanita Britania Raya Ellen White (kiri) merayakan gol bersama bek Steph Houghton. Tim wanita Britania Raya memulai petualangan di Olimpiade Tokyo 2020 lewat kemenangan 2-0 atas Chile di Sapporo Dome, Sapporo, pada 21 Juli 2021 sore hari WIB.AFP/ASANO IKKO Penyerang Tim wanita Britania Raya Ellen White (kiri) merayakan gol bersama bek Steph Houghton. Tim wanita Britania Raya memulai petualangan di Olimpiade Tokyo 2020 lewat kemenangan 2-0 atas Chile di Sapporo Dome, Sapporo, pada 21 Juli 2021 sore hari WIB.

"Di Olimpiade, tim bermain dengan logo Komite Olimpiade Nasional. Ini sesuai dengan aturan IOC," ujar Salminen, dikutip dari Goal.

Adapun, IOC sudah mengatur penempatan logo NOC di jersei pemain.

"Satu bendera nasional atau lambang NOC, dengan ukuran maksimum 25 cm2 harus ditempatkan setinggi dada di bagian depan seragam. (Logo) itu tidak membatasi keterbacaan nomor yang ditempatkan di bagian depan seragam," demikian aturan IOC soal jersei.

Baca juga: Jadwal Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020, Siapa Pembawa Bendera Indonesia?

Perbedaan paling mencolok tampak pada jersei tim sepak bola putri Swedia yang berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020.

Timnas sepak bola putri Swedia menggunakan jersei dengan apparel berbeda.

Jika pada pertandingan resmi FIFA mereka mengenakan jersei Adidas, pada Olimpiade kali ini Swedia memakai seragam tanding dari apparel Uniqlo.

Hal ini karena Uniqlo adalah sponsor apparel tim Olimpiade Swedia. Oleh sebab itu, para atlet termasuk tim sepak bola yang bertanding pun mengenakan seragam dari produsen pakaian asal Jepang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com