Kompas.com - 26/07/2021, 14:00 WIB
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan tersenyum seusai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Eko Yuli berhasil mempersembahkan medali perak dengan total angkatan 302 kg. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa. SIGID KURNIAWANLifter Indonesia Eko Yuli Irawan tersenyum seusai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Eko Yuli berhasil mempersembahkan medali perak dengan total angkatan 302 kg. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

KOMPAS.com - Anime Naruto memiliki peran penting dalam kehidupan lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan.

Eko Yuli Irawan kembali mempersembahkan medali Olimpiade bagi Merah Putih.

Lifter berpengalaman Indonesia itu meraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 pada Minggu (25/7/2021) sore WIB.

Eko Yuli yang turun di kelas 61 kg putra sukses meraih medali perak setelah berhasil mengumpulkan total angkatan 302 kg (snatch 137 kg dan clean and jerk 165 kg).

Baca juga: Apa Itu Angkatan Snatch dan Clean and Jerk pada Angkat Besi?

Hasil tersebut membuat Eko Yuli menempati peringkat kedua, di bawah peraih medali emas, Li Fabin, asal China.

Secara keseluruhan, Eko Yuli saat ini sudah mengoleksi empat medali Olimpiade sejak melakoni debut di ajang empat tahunan itu pada Beijing 2008.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum Tokyo 2020, lifter berusia 31 tahun itu sukses meraih medali medali perunggu kelas 56 kg pada Olimpiade Beijing 2008 dan kelas 62 kg di London 2012.

Kemudian pada Olimpiade Rio 2016, Eko Yuli sukses meraih perak.

Baca juga: Hifumi dan Uta Abe, Dua Bersaudara yang Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Perjalanan Eko Yuli sebagai atlet angkat besi untuk meraih semua itu tak terlepas dari hasil kerja kerasnya selama ini.

Selain kerja keras, anime Naruto juga memiliki peran penting dalam kehidupan Eko Yuli.

Dilansir dari laman Kompas.id, pada 13 tahun lalu, Eko Yuli mengaku sangat menyukai anime Naruto, tokoh ninja yang tak kenal menyerah.

Alasannya, Naruto memiliki energi besar yang sewaktu-waktu dapat muncul. Mungkin, kala usia yang sudah tidak muda lagi di Tokyo, kemarin, Eko juga memiliki energi besar di dalam dirinya yang membantunya meraih prestasi.

Baca juga: Makna 5 Lingkaran Logo Olimpiade

"Saya suka Naruto karena pada saat-saat tertentu ia seperti memiliki energi besar di dalam dirinya," kata Eko, dikutip dari Kompas.id, dari Kompas edisi 12 Agustus 2008.

Adapun, sebelum tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Eko Yuli juga berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia 2018 di Turkmenistan dan Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia.



Sumber Kompas.id
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.