Kompas.com - 26/07/2021, 12:20 WIB
Michael Jordan di Olimpiade Barcelona, 2 Agustus 1992. DIMITRI MESSINIS / AFPMichael Jordan di Olimpiade Barcelona, 2 Agustus 1992.

KOMPAS.com - Cabang olahraga (cabor) bola basket di Olimpiade seperti menjadi taman bermain bagi timnas basket putra Amerika Serikat. Dari tujuh edisi Olimpiade terakhir, "Dream Team" AS berhasil merebut enam medali emas.

Cabor bola basket pertama kali dimainkan pada ajang Olimpiade 1904 di St Louis, Amerika Serikat. Namun, saat itu bola basket hanya menjadi cabor demonstrasi.

Bola basket kategori putra kemudian resmi dipertandingkan pada Olimpiade Berlin 1936. Timnas basket Amerika Serikat (AS) menjadi peraih medali emas pertama usai mengalahkan Kanada pada pertandingan final.

Sejak 1936, dominasi Amerika Serikat di cabor bola basket memang sudah terlihat. Bahkan, hingga 1976, mereka hanya sekali kehilangan medali emas yaitu pada 1972.

Sepanjang sejarah Olimpiade, AS telah memenangi 15 medali emas cabor bola basket putra.

Baca juga: Mengenal Strategi Bertahan Zone Defence dalam Bola Basket

Timnas basket putra AS menjadi tim yang sangat berbahaya ketika para pemain dari kompetisi NBA diizinkan ikut bermain sejak Olimpiade Barcelona 1992.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dream Team, sebutan untuk timnas basket putra Amerika Serikat, saat itu dihuni oleh bintang-bintang besar NBA semisal Michael Jordan, Scottie Pippen, Charles Barkley, dan Earvin "Magic" Johnson.

Hasilnya, Michael Jordan dkk tak terbendung di Olimpiade Barcelona 1992. Mereka menyapu bersih lima laga babak penyisihan grup dengan kemenangan.

Keperkasaan Dream Team I AS terlihat dengan total 579 poin yang mereka cetak selama fase grup. Pada setiap laga, mereka selalu bisa mencetak lebih dari 100 poin.

Amerika Serikat pun melenggang mudah hingga final. Pada perebutan medali emas, tim yang saat itu dilatih oleh Chuck Daly sukses mengalahkan Kroasia dengan skor 117-85.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.