Kompas.com - 25/07/2021, 12:40 WIB
Pebola voli Jepang melepaskan Tenka Katanashi melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Jepang melepaskan Tenka Katanashi melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Cabang olahraga bola voli membatasi sebuah tim menyentuh bola sebanyak tiga kali ketika menguasainya dalam permainan.

Batasan jumlah sentuhan bola berlaku sejak pemain dari sebuah tim menerima bola dari kubu lawan di wilayah permainan sendiri.

Namun, seorang pemain hanya boleh menyentuh bola satu kali untuk kemudian diberikan kepada rekan setimnya baik saat bertahan atau mulai menyerang ke arah kubu lawan.

Artinya, semua bagian tubuh dan aturan teknik yang diperbolehkan dalam permainan bola voli kecuali memainkan bola dua kali atau double.

Jika seorang pemain melakukan dua kali sentuhan secara berurutan, tanpa diselingi oleh rekan setimnya atau pemain lawan, maka akan terjadi pelanggaran. Kecuali, pemain tersebut merupakan seorang blocker.

Blocker boleh menyentuh dua kali dengan syarat sentuhan pertama merupakan teknik blok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua hingga tiga pemain bisa melakukan kontak dengan bola secara bersamaan dalam sebuah permainan, dan wasit akan menghitungnya sebagai jumlah sentuhan serupa.

Lantas, apa saja anggota tubuh pemain bola voli yang boleh digunakan untuk memainkan bola dalam sebuah pertandingan?

Baca juga: Kesalahan Umum dalam Melakukan Smash pada Bola Voli

Aturan mengenai anggota tubuh yang boleh digunakan untuk memainkan bola terdapat dalam regulasi resmi dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Berdasarkan aturan FIVB, anggota tubuh pemain bola voli yang boleh digunakan untuk memainkan bola adalah seluruh bagian dengan pengecualian tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.