Bahagianya Pebasket Kanada, Atlet Menyusui Boleh Bawa Bayi ke Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 25/07/2021, 11:00 WIB
Pemain timnas basket putri Kanada, Kim Graucher, saat sesi latihan di Saitama Super Arena menjelang pertandingan Olimpiade Tokyo 2020. AFP/THOMAS COEXPemain timnas basket putri Kanada, Kim Graucher, saat sesi latihan di Saitama Super Arena menjelang pertandingan Olimpiade Tokyo 2020.

KOMPAS.com - Pebasket putri asal Kanada, Kim Gaucher, kini bisa menjalankan tugasnya sebagai ibu menyusui sekaligus tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Kim Gaucher sempat merasakan dilema akibat peraturan Olimpiade Tokyo 2020 yang tak mengizinkan atlet untuk membawa keluarga mengingat ajang tersebut diselenggarakan di tengah pandemi virus corona.

Artinya, Kim Gaucher harus berpisah dari sang buah hati selama hampir satu bulan jika ia memutuskan membela Kanada di Olimpiade.

Kim Gaucher pun menyuarakan isi hatinya lewat sebuah video di Instagram pada 24 Juni 2021.

Baca juga: Dari Olimpiade Tokyo 2020, Novak Djokovic Sapa AC Milan dan Ibrahimovic

"Hal yang saya inginkan dalam karier saya adalah mewakili Kanada di Olimpiade. Tahun lalu, saya dan rekan satu tim lolos ke Tokyo," ucap Kim Gaucher dalam videonya, sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun, sekarang saya dipaksa untuk memutuskan antara menjadi ibu menyusui atau atlet Olimpiade. Saya tidak bisa memiliki keduanya."

"Panitia Olimpiade Tokyo mengatakan tidak boleh ada teman dan keluarga. Tidak ada pengecualian. Saya memerlukan bantuan siapa pun. Mari kita lihat apakah kiat bisa membuat perbedaan," tutur Kim Gaucher.

Melansir Kompas Tren, Komite Olimpiade Kanada dan Canada Basketball sudah mengajukan banding ke panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 agar Gaucher dapat membawa putri dan suaminya ke Jepang saat dia berkompetisi.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) pun melunak. Pada akhir Juni lalu, IOC mengizinkan atlet yang sedang menyusui membawa bayi mereka ke Tokyo.

"Kami sangat menyambut baik kenyataan bahwa begitu banyak ibu yang mampu terus bersaing di level tertinggi, termasuk di Olimpiade," bunyi pernyataan IOC seperti dilansir dari AP News.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.