Langkah Windy Cantika, dari Positif Covid-19, Bangkit, hingga Sumbang Medali!

Kompas.com - 24/07/2021, 20:40 WIB
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah melakukan angkatan snatch dalam kelas 49 Kg Putri Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Sabtu (24/7/2021). Windy Cantika berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia yakni perunggu dengan total angkatan 194 Kg. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANLifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah melakukan angkatan snatch dalam kelas 49 Kg Putri Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Sabtu (24/7/2021). Windy Cantika berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia yakni perunggu dengan total angkatan 194 Kg.

KOMPAS.com - Perjalanan Windy Cantika Aisah menuju medali perunggu di kelas 49 kg putri Olimpiade Tokyo 2020 bukanlah hal yang mudah.

Windy Cantika harus melalui rintangan berat sebelum tampil pada Olimpiade Tokyo 2020, ajang yang kerap menjadi mimpi tertinggi bagi para atlet di seluruh dunia.

Beberapa bulan sebelum dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo, tepatnya pada Desember 2020, Windy Cantika diketahui sempat terjangkit virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri selama sebulan di hotel.

Kondisi tersebut tentu memengaruhi persiapan Windy Cantika yang ketika itu sedang bersiap tampil pada Kejuaraan Asia di Tashkent, Uzbekistan, Maret lalu.

Baca juga: Cerita Windy Cantika Lawan Ketegangan Sebelum Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Namun, Windy Cantika dengan tekadnya mampu melewati rintangan tersebut. Dia bangkit hingga meraih medali perunggu pada Kejuaraan Asia.

Berkat raihan perunggu di Tashkent, Windy Cantika pun berhak naik ke peringkat kelima ranking Federasi Angkat Besi Internasional (IWF) dan mengamankan tiket menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah sampi di Olimpiade Tokyo 2020, Windy dengan segala rintangan yang telah dilalui, berhasil mempersembahkan medali pertama bagi kontingen Indonesia.

Atlet angkat besi Indonesia yang kini masih berusia 19 tahun itu berhasil meraih medali perunggu di kelas 49 kg putri.

Baca juga: Profil Windy Aisah, Lifter Peraih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Tampil di Tokyo International Forum, Jepang, Sabtu (24/7/2021) siang WIB, Windy Cantika mencatatkan total angkatan 194 kg, gabungan dari raihan terbaik di angkatan snatch (84 kg) dan clean & jerk (110 kg).

Berkat catatan tersebut, Windy Cantika berada di peringkat ketiga. Dia hanya tertinggal dari Hoi Zhihui (China) dan Chanu Mirabai (India).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.