Kontingen Indonesia Tiba di Jepang, CdM Olimpiade Tokyo Bicara Target Merah Putih

Kompas.com - 18/07/2021, 11:30 WIB
Kontingen Indonesia berangkat ke Tokyo, Jepang, pada Sabtu (17/7/2021) malam WIB. Dok. NOC IndonesiaKontingen Indonesia berangkat ke Tokyo, Jepang, pada Sabtu (17/7/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Perjuangan tim Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 akan segera dimulai. Hari ini, rombongan besar Indonesia dari lima cabang olahraga (cabor) sudah tiba di Tokyo, Jepang.

Kontingen Indonesia termasuk Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Rosan P Roeslani bertolak ke Tokyo pada Sabtu (17/7/2021) malam WIB.

Rosan mengungkapkan rombongan Merah Putih yang berangkat tadi malam dalam keadaan sehat dan dipastikan negatif Covid-19.

KOI bersama CdM telah meningkatkan uji dengan tes swab PCR selama tujuh hari beruntun.

Hasil uji pada hari ke-4 dan 30 jam sebelum keberangkatan wajib diserahkan ke Pemerintah Jepang sebagai syarat wajib.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Uganda Dilaporkan Hilang Kabur dari Hotel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Persiapan kami sudah lama karena Olimpiade Tokyo ini sudah mundur setahun. Namun, karena Olimpiade ini diadakan dalam situasi yang berbeda, protokol kesehatan harus benar-benar kami jalankan," kata Rosan dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Rombongan Indonesia yang terbang ke Jepang semalam berjumlah 30 anggota. Rinciannya, 13 atlet dari lima cabor, yaitu panahan (4 atlet), angkat besi (4), menembak (1), renang (2), dan surfing (1+1). Selain itu, ada juga 11 orang pelatih dan 4 orang sebagai supporting team.

Mereka terbang ke Tokyo dengan menggunakan pesawat komersial JAL726 dan tiba di Bandara International Narita pada Minggu (18/7/2021) pukul 07.25 pagi waktu setempat.

Setibanya di Bandara Narita, rombongan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Tokyo, Heri Akhmadi.

Kontingen Indonesia menjalani tes saliva dan semuanya dalam keadaan negatif Covid-19, sebelum akhirnya diizinkan keluar dari bandara.

Baca juga: EKSKLUSIF Susy Susanti - Di Balik Emas Olimpiade, Tantangan Besar hingga Hapus Tegang

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.