Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipakai Italia Saat Lawan Wales di Euro 2020, Apa Arti Ban Hitam dalam Sepak Bola?

Kompas.com - 21/06/2021, 18:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Para pemain timnas Italia memakai ban lengan hitam ketika menghadapi Wales pada laga Euro 2020. Lantas apa arti ban hitam dalam sepak bola?

Ban hitam melingkar di lengan Leonardo Bonucci dkk ketika Italia bersua Wales pada pertandingan penutup Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Italia yang sebelumnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar keluar sebagai pemenang berkat gol tunggal Matteo Pessina pada menit ke-39.

Terlepas dari kemenangan atas 1-0 atas Wales yang membuat pasukan Roberto Mancini mencatatkan rekor sempurna di fase grup Euro 2020, ban hitam di lengan para pemain Gli Azzurri menjadi pemandangan tersendiri.

Baca juga: Hasil Euro 2020 Italia Vs Wales, Gli Azzurri Juara Grup A

Mengutip Football Italia, Italia mengenakan ban hitam pada laga kontra Wales sebagai bentuk penghormatan kepada legenda sepak bola Negeri Pizza, Giampiero Boniperti.

Boniperti yang menghabiskan seluruh karier sepak bolanya di Juventus merupakan legenda besar sepak bola Italia.

Pemenang lima scudetti bersama Juventus itu tampil membela Italia pada Piala Dunia 1950 dan 1954.

Selain itu, Boniperti juga memperkuat Gli Azzurri ketika berlaga pada Olimpiade 1952.

Baca juga: Euro 2020, Momentum Bagus Italia dan Kesempatan Kedua untuk Mancini

Bersama timnas Italia, Boniperti tampil pada 38 pertandingan internasional dan berhasil mencetak delapan gol.

Giampiero Boniperti meninggal dunia akibat gagal jantung pada usia 92 tahun di Turin, Jumat (18/6/2021) waktu setempat.

"Kematian Boniperti merupakan kehilangan yang sangat besar," kata Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina.

Untuk menghormati Giampiero Boniperti sekaligus bentuk ungkapan dukacita, timnas Italia pun mengenakan ban hitam pada pertandingan melawan Wales di Euro 2020.

Baca juga: Mauro Camoranesi, Pembelot Argentina yang Melegenda di Italia

Arti ban hitam dalam sepak bola

ROMA, ITALIA - 20 JUNI: Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma dan Leonardo Bonucci saat berlaga membela Italia dalam laga Grup A Euro 2020 kontra Wales di Stadion Olimpico, 20 Juni 2021.Valerio Pennicino - ©UEFA ROMA, ITALIA - 20 JUNI: Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma dan Leonardo Bonucci saat berlaga membela Italia dalam laga Grup A Euro 2020 kontra Wales di Stadion Olimpico, 20 Juni 2021.

Di dunia sepak bola, pita atau ban hitam (black armband) biasanya digunakan sebagai bentuk dukacita atau simpati kepada tokoh yang meninggal dunia.

Selain itu, pita hitam atau ban hitam juga dipakai sebagai bentuk simpati terhadap peristiwa bencana.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh timnas U-16 Indonesia saat melakoni salah satu pertandingan pada ajang Piala AFF U-16 2018 di Stadion Delta, Sidoarjo.

Ketika itu, para pemain timnas U-16 memakai pita hitam sebagai bentuk simpati untuk korban tragedi bencana alam gempa bumi yang terjadi di Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com