Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teknik Melangkah dalam Pencak Silat

Kompas.com - 07/06/2021, 15:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Cabang bela diri pencak silat mempunyai unsur gerakan yang mengharuskan setiap individu berpindah posisi untuk melakukan upaya serangan maupun bertahan.

Gerak berpindah dari satu posisi ke yang lain dalam cabang bela diri pencak silat disebut langkah atau cara melangkah.

Langkah dapat dilakukan beragam cara sesuai bentuk ataupun posisi kaki saat berpindah dari satu titik menuju lain tempat.

Mengutip dari Buku Ajar Pembelajaran Pencak Sulat (2018) oleh Nurul Ihsan, terdapat lima bentuk langkah dalam cabang bela diri pencak silat.

Kelima bentuk langkah dalam cabang bela diri pencak silat tersebut adalah angkatan, geseran, putaran, lompatan, dan ingsutan.

Setiap gerakan memiliki tahap atau bentuk spesifik dan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam cabang bela diri pencak silat.

Baca juga: Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Tangan

Berikut adalah penjelasan mengenai beragam langkah dalam cabang bela diri pencak silat, seperti dilansir dari berbagai sumber:

  • Angkatan

Bentuk gerakan mengangkat kaki tinggi sehingga tubuh berpindah tempat pada pencak silat termasuk langkah angkatan.

Terdapat dua jenis langkah angkatan yakni tinggi dengan mengangkat salah satu kaki sejajar panggul ataupun rendah yaitu meletakkan kaki secara biasa menuju titik tujuan melangkah.

  • Geseran

Cara untuk berpindah tempat atau mengubah posisi dengan menggeser kaki disebut sebagai langkah geseran dalam cabang bela diri pencak silat.

Ragam langkah geseran menurut buku Pencak Silat (2015) oleh Erwin Setto Kriswanto, dilakukan dengan menggeser salah satu kaki pada bagian ujung jari kaki atau tumit menuju arah tujuan dengan masih menyentuh lantai.

  • Putaran

Upaya berpindah dengan memutar kaki menuju titik atau tempat yang diinginkan merupakan langkah putaran dalam cabang bela diri pencak silat.

Jenis langkah putaran dilakukan dengan mengangkat kaki memutar ke luar, kemudian meletakkannya ke arah depan dengan telapak kaki menghadap ke luar.

  • Lompatan

Adapun, lompatan dalam pencak silat merupakan gerak langkah dengan menolak satu kaki serta disusul kaki lainnya.

Saat menuju tempat atau posisi yang dituju, masing-masing kaki mendarat satu per satu dengan tumpuan pada masing-masing telapak kaki.

Terdapat juga bentuk langkah lompatan, yang perbedaannya terletak pada tolakan maupun momentum mendaratkan kedua kaki secara bersamaan.

Baca juga: Ragam Sikap Tegak dalam Pencak Silat

  • Ingsutan

Cara langkah ingsutan disebut juga sebagai seseran dalam pencak silat, yang dilakukan dengan menggeser telapak kaki tanpa diangkat dari permukaan lantai.

Kemudian, gerakan tumit maupun telapak kaki diarahkan ke luar atau ke dalam untuk mengubah posisi atau berpindah tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com