Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Tangan

Kompas.com - 30/05/2021, 18:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Cabang bela diri pencak silat mempunyai beragam teknik yang dapat digunakan setiap pesilat untuk memenangi pertandingan.

Taktik serangan dalam cabang bela diri pencak silat merupakan upaya mengalahkan lawan secara sah selama pertandingan.

Seperti dikutip dari modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2019) oleh Kemdikbud, teknik serangan dalam cabang bela diri pencak silat bertujuan mematahkan pertahanan lawan.

Bentuk siasat yang dilancarkan kepada lawan, agar menghasilkan kemenangan dalam sebuah pertandingan secara sportif adalah pengertian dari taktik serangan.

Upaya serangan cabang bela diri pencak silat dapat dibedakan berdasarkan anggota tubuh yang digunakan oleh seorang pesilat.

Jenis usaha serangan dengan menggunakan bagian tangan biasanya disebut sebagai pukulan, walaupun terdapat banyak variasi teknik serangan menggunakan tangan dalam bela diri pencak silat.

Baca juga: Penilaian dalam Pertandingan Pencak Silat

Menurut buku Pencak Silat (2015) oleh Erwin Setyo Kriswanto, variasi pukulan atau teknik serangan menggunakan pencak silat dibedakan berdasarkan gerak serta titik sasaran ke arah lawan.

  • Pukulan lurus

Teknik serangan ini menyerupai bentuk pukulan dalam olahraga tinju, yakni satu tangan mengayun secara mengepal ke arah depan.

  • Pukulan sangkal atau bandul

Bentuk serangan pukulan bandul dapat dilihat dari gerakan ayunan tangan secara mengepal, dari bawah ke atas menuju area ulu hati lawan.

  • Tebasan

Gerakan serangan tebasan menggunakan satu atau dua telapak tangan dengan perkenaan sisi terluar, yang mengayun dari arah luar ke dalam menyasar bagian muka, leher, bahu atau pinggang.

  • Tebangan

Serangan tebangan menggunakan satu atau dua telapak tangan yang menghadap ke bawah, sambil membengkokkan siku, dan mengarah ke leher lawan.

  • Kepret

Teknik srangan menggunakan salah satu punggung tangan serta posisi tangan lain diletakkan di depan dada dengan telapak menghadap ke depan disebut sebagai teknik kepret dalam pencak silat.

  • Sanggah

Contoh upaya teknik serangan yang menggunakan satu telapak tangan dinamakan sanggah, dengan arah ayunan tangan menuju tubuh lawan dari bawah ke atas.

  • Tamparan

Bentuk serangan memakai salah satu telapak tangan dalam posisi terbuka menuju bagian wajah lawan disebut sebagai tamparan.

  • Tusukan

Jenis variasi serangan tusukan adalah ragam pukulan memakai ujung jari tangan secara mengayun dari arah perut menuju leher maupun kepala lawan.

  • Patukan

Bentuk sikap menyerang dengan variasi patukan dilakukan dengan menguncupkan kelima jari tangan sembari menariknya ke belakang.

Baca juga: Ragam Sikap Tegak dalam Pencak Silat

  • Dobrakan

Variasi serangan menggunakan kedua telapak tangan terbuka menuju bagian dada lawan dalam pencak silat disebut sebagai dobrakan.

  • Sikuan

Ciri utama teknik sikuan adalah menggunakan bagian siku untuk melakukan serangan ke arah atas, bawah, depan, belakang, maupun samping lawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com