Profil Gianluigi Donnarumma - Jadi Nomor 1 sejak Belia, Dipuji 3 Legenda

Kompas.com - 27/05/2021, 20:00 WIB
Gianluigi Donnarumma dalam laga AC Milan vs Torino pada lanjutan kompetisi Serie A Italia yang digelar di Stadion San Siro, 17 Februari 2020. AFP/GETTY IMAGES/MARCO LUZZANIGianluigi Donnarumma dalam laga AC Milan vs Torino pada lanjutan kompetisi Serie A Italia yang digelar di Stadion San Siro, 17 Februari 2020.

KOMPAS.com - Gianluigi Donnarumma dinilai sebagai talenta terbaik Italia di sektor penjaga gawang untuk saat ini. Sejak usia belia, pemain yang akrab disapa Gigio itu sudah menjadi pilihan nomor satu timnya.

Gianluigi Donnarumma lahir di Castellammare di Stabia, sebuah wilayah di Kota Metropolitan Napoli, Campania, Italia Selatan, pada 25 Februari 1999.

Gigio menimba ilmu di sebuah akademi sepak bola di kota kelahirannya. Pada 2013, ketika usianya baru 14 tahun, ia direkrut oleh salah satu klub top Liga Italia Serie A, AC Milan.

Dari 2103 hingga 2015, Donnarumma bergabung di tim muda I Rossoneri, julukan AC Milan.

Tiga hari sebelum ulang tahunnya yang ke-16, Gigio mendapatkan panggilan ke skuad utama oleh pelatih Milan saat itu, Filippo Inzaghi.

Waktu itu, Gigio masuk skuad AC Milan untuk laga kontra Cesena. Ia mendapatkan dispensasi khusus sehingga bisa duduk di bangku cadangan.

Baca juga: Profil Didik Wahyu, Pemain Kejutan yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian pada Maret 2015, Donnarumma meneken kontrak profesional pertamanya bersama Milan.

Pada musim 2015-2016, ketika kendali AC Milan diambil alih oleh Sinisa Mihajlovic, Gigio dipromosikan ke skuad utama I Rossoneri.

Kiper berpostur 196 cm itu melakoni laga debutnya di Serie A pada pertandingan melawan Sassuolo di Stadion San Siro, 25 Oktober 2015. Ia pun membantu Milan meraih kemenangan 2-1.

Ketika menjalani debut, Donnarumma baru berusia 16 tahun 242 hari yang membuatnya menjadi kiper termuda yang melakoni debut di sepak bola Italia setelah Giuseppe Sacchi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X