Profil Diego Simeone, Si Pengganggu Hegemoni Liga Spanyol

Kompas.com - 22/05/2021, 19:40 WIB
Diego Simeone kala memberikan arahan kepada para pemainnya. AFP/FILIPPO MONTEFORTEDiego Simeone kala memberikan arahan kepada para pemainnya.

KOMPAS.com - Atletico Madrid melaju kencang dalam persaingan papan atas kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, musim 2020-2021.

Hingga pekan pertandingan pamungkas LaLiga pada Sabtu (22/5/2021) malam WIB, Atletico Madrid masih berada di pucuk klasemen sementara dan berpeluang meraih gelar juara.

Jika terwujud, Atletico Madrid akan meraih titel juara LaLiga untuk kali kedua dalam satu dekade terakhir sekaligus mengganggu dominasi dua klub lain, Real Madrid dan FC Barcelona.

Kiprah menonjol Atletico Madrid dalam mengganggu hegemoni kekuasaan dua raksasa LaLiga itu, tidak lepas dari sentuhan pelatih asal Argentina, Diego Simeone.

Diego Simeone ditunjuk sebagai pelatih Atletico Madrid pada Desember 2011, menggantikan juru taktik kawakan Spanyol, Gregorio Manzano.

Saat ditunjuk sebagai pelatih Atletico Madrid, capaian prestasi Diego Simeone baru sebatas meraih gelar juara di Argentina bersama Estudiantes La Plata pada 2006 dan River Plate dua tahun kemudian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil Unai Emery, Mantan yang Buat Arsenal Nganggur di Eropa

Pengalaman mantan gelandang timnas Argentina itu melatih klub Eropa sebelum Atletico Madrid, adalah menyelamatkan Catania dari ancaman degradasi di kompetisi teratas Liga Italia, Serie A, pada 2011.

Tidak butuh waktu lama bagi Diego Simeone untuk membawa Atletico Madrid meraih prestasi di bawah arahannya, dengan merengkuh gelar juara Europa League pada akhir musim 2011-2012.

Musim berikutnya, Diego Simenone mampu membawa timnya meraih gelar Copa Del Rey alias Piala Raja Spanyol sekaligus menempati peringkat ketiga klasemen akhir LaLiga.

Diego Simeone akhirnya mampu merengkuh gelar juara Liga Spanyol untuk kali pertama sebagai pelatih pada 2013-2014, pun secara dramatis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.