Mengenal Jenis Tarikan Senar pada Raket Bulu Tangkis

Kompas.com - 17/05/2021, 23:30 WIB
Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie bertanding melawan tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen pada pertandingan perempat final BliBli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan Jakarta, Jumat (19/7/2019). Jonatan Christie gagal melaju ke babak semifinal setelah kalah 16-21, 21-18, dan 21-14. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie bertanding melawan tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen pada pertandingan perempat final BliBli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan Jakarta, Jumat (19/7/2019). Jonatan Christie gagal melaju ke babak semifinal setelah kalah 16-21, 21-18, dan 21-14.

KOMPAS.com - Cabang olahraga bulu tangkis mengharuskan seorang pemain menggunakan raket sebagai alat permainan, untuk memukul bola yang disebut shuttlecock (kok).

Raket dalam permainan bulu tangkis merupakan alat pemukul kok yang terdiri dari kepala dengan permukaan datar serta gagang sebagai pegangan pemain.

Ukuran raket bulu tangkis biasanya memiliki panjang sekitar 665 hingga 680 mm, dengan lebar permukaan kepala 220 sampai 230 meter, serta diameter 25,4 mm.

Permukaan pada bagian kepala raket diisi dengan rangkaian senar, yang menjadi bagian perkenaan raket terhadap kok untuk diarahkan ke wilayah lawan.

Bagian senar pada kepala raket ternyata memiliki tingkat tegangan atau tarikan berbeda yang berpengaruh kepada laju bola usai dipukul.

Tarikan senar diukur menggunakan satuan poundage (lbs), yang kemudian menentukan kebutuhan tinggi atau rendahnya tegangan raket bagi seorang pemain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jenis-jenis Pukulan Lob pada Bulu Tangkis

Seperti dilansir dari laman Victor Sport, terdapat kelebihan maupun kekurangan dalam menyesuaikan tarikan senar dari sebuah raket.

Untuk tarikan senar tinggi, kelebihannya adalah pengendalian kok menjadi lebih baik serta kecepatan pukulan sehingga memberi keuntungan saat mengembalikan bola di dekat net.

Hanya saja, terdapat kekurangan berupa adanya beban lebih berat pada pergelangan tangan serta tenaga besar ketika melakukan pukulan panjang ke arah wilayah permainan lawan.

Rentang ukuran tarikan senar tinggi biasanya terletak antara 26 hingga di atas 30 lbs (pon) dari segi ukuran poundage-nya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X