Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Forehand dalam Bulu Tangkis

Kompas.com - 27/04/2021, 13:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Permainan bulu tangkis memiliki peraturan mendasar cara untuk memulai permainan yakni pukulan awal atau servis.

Teknik mengawali permainan dengan servis dilakukan oleh seorang pemain dalam area lapangan permainannya menuju pihak lawan.

Ketika melakukan pukulan servis, seorang pemain harus berada dalam batas garis menuju pemain lawan yang berdiri berseberangan secara menyilang sebagai penerima.

Laju shuttlecock (kok) dari pukulan servis menentukan kesempatan bagi seorang pemain untuk mengawali serangan dalam permainan bulu tangkis.

Salah satu jenis pukulan service bulu tangkis yang melambung tinggi ke belakang dinamakan forehand service yang tergolong sebagai keterampilan mendasar bagi seorang pemain.

Meskipun terbilang mendasar, seorang pemain bisa memanfaatkan servis forehand untuk membangun serangan ketika memulai permainan.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda

Untuk melakukan servis yang baik dalam permainan bulu tangkis sangat diperlukan untuk memperhatikan posisi tubuh, tangan, dan kaki.

Posisi tangan yang benar saat memegang raket untuk servis pendek forehand pada permainan bulu tangkis adalah memegang raket seperti jabat tangan.

Jari tengah, manis, dan kelingking menggenggam raket sementara jari telunjuk agak renggang, kemudian letakkan ibu jari berada di antaranya.

Dalam melakukan servis forehand dalam permainan bulu tangkis, gunakan kekuatan tangan saat mengayunkan raket ke arah depan badan.

Selain itu, usahakan menjaga posisi tangan agar tidak terkena ujung raket, yang sedang memiliki momentum mengayun ke bagian depan tubuh saat melakukan servis.

Menurut buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis (2020) oleh Tri Hadi Karyono, servis forehand bisa dilakukan secara panjang atau pendek.

Pebulu tangkis pemula disarankan lebih dulu mempelajari bentuk servis panjang (long service) dengan memakai teknik forehand saat memulai permainan.

Baca juga: Memahami Footwork dalam Bulu Tangkis

Posisi raket dipegang tangan pada posisi awal melakukan servis forehand panjang pada permainan bulu tangkis adalah di samping badan.

Perkenaan bola yang benar saat melakukan servis forehand panjang pada permainan bulu tangkis adalah pada ketinggian lutut.

Teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulu tangkis untuk menghasilkan laju bola melambung tinggi serta diharapkan jatuh di bagian garis belakang wilayah permainan lawan.

Hasilnya, arah bola (shuttlecock) yang benar hasil pukulan servis forehand panjang pada permainan bulu tangkis adalah melambung tinggi dan lurus ke belakang area lawan.

Sehingga lawan akan membutuhkan waktu untuk mengembalikan bola sehingga terdapat cukup waktu untuk menyusun strategi atau langkah selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com