Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tipe Pemain Bulu Tangkis Sektor Tunggal

Kompas.com - 05/05/2021, 16:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga bulu tangkis mengharuskan setiap pemain mencetak angka sebanyak mungkin untuk dapat meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan kompetitif.

Sehingga setiap pebulu tangkis memiliki strategi berbeda saat bertanding, bergantung pada kemampuan teknik dan fisik.

Aspek seperti penguasaan teknik pukulan, tingkat permainan lawan, hingga stamina di lapangan berpengaruh pada hasil akhir pertandingan.

Perbedaan kemampuan teknis dan fisik masing-masing pebulu tangkis kemudian menciptakan gaya permainan tersendiri.

Bentuk tipe permainan setiap pebulu tangkis dapat dilihat secara lebih jauh dalam pertandingan kategori tunggal baik putra maupun putri.

Masing-masing tipe permainan pebulu tangkis sektor tunggal kemudian dapat menentukan alur pertandingan sehingga membuka peluang memperoleh poin.

Baca juga: 7 Pukulan Bulu Tangkis dan Tujuannya

Dilansir dari laman Badminton Central, terdapat tiga jenis gaya atau tipe bermain pebulu tangkis saat bertanding di lapangan.

  • Tipe menyerang cepat

Gaya permainan ini disebut juga sebagai tipe bermain agresif, yang mengandalkan pukulan serta gerakan cepat ketika memperoleh kesempatan.

Permainan agresif pebulu tangkis tipe ini terlihat dari intensitas pukulan seperti smash, drop shot kencang, maupun dengan pukulan tajam di depan net.

  • Tipe permainan pukulan tipuan

Seorang pebulu tangkis dengan penguasaan teknik pukulan yang lebih mumpuni umumnya memilih tipe permainan tipuan.

Umumnya tipe permainan ini mengandalkan drop shot tajam dengan area sasaran dekat net, pukulan lob dengan sudut tajam, dan tempo permainan lebih teratur.

  • Tipe permainan bertahan dan serangan sederhana

Pada permainan bulu tangkis, terdapat bentuk permainan yang hanya mengutamakan pukulan yang panjang atau rally, sedangkan daya serangnya kurang dan selalu bertahan terhadap serangan lawan.

Tipe pemain tersebut adalah pebulu tangkis dengan gaya bertahan dan serangan sederhana, yang jarang melakukan serangan secara menyilang ke arah lawan.

Baca juga: Servis Forehand dalam Bulu Tangkis

Dalam pertandingan, biasanya seorang pemain bisa memadukan dua tipe atau gaya permainan untuk mengantisipasi permainan lawan.

Begitu juga dengan tempo permainan, seperti melakukan serangan dengan menekan secara cepat atau meladeni rangkaian pukulan panjang dan mengincar kelengahan lawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com